Technologue.id, Jakarta – Justin Bieber baru-baru ini merilis single terbaru berjudul ‘Yummy’. Ini merupakan karyanya setelah hampir 5 tahun vakum merilis lagu solo. Namun kabar tak sedap menyelimuti perlisan lagu tersebut.

Justin Bieber diduga mengajak fans melakukan manipulasi puncak tangga lagu untuk lagu ‘Yummy’. Lewat tangkapan layar yang beredar luas di media sosial, akun resmi Justin mengajak fans yang berada di luar Amerika Serikat untuk berlaku curang.

Baca Juga:
Ingin Saingi Spotify, ByteDance Uji Coba Resso

Ia mengajak fans di luar Amerika Serikat untuk mengunduh aplikasi VPN (Virtual Private Network). VPN memberikan akses kepada pengguna untuk bisa membuka situs lokal negara tertentu lewat jaringan umum.

Untuk diketahui, grafik Billboard hanya menghitung stream yang ditandai berasal dari alamat IP AS. Idenya adalah jika cukup banyak penggemar internasional melakukan cara ini, aktivitas terkonsentrasi dapat membantu “Yummy” masuk ke tangga lagu Billboard.

Selain itu, musisi remaja itu juga menyarankan penggemar untuk membuat playlist lagu Spotify dengan “Yummy” dan biarkan diputar berulang saat mereka tidur.

“Jangan matikan suaranya. Mainkan dalam volume pelan. Biarkan lagu tetap terputar ketika kalian tidur. Apabila kalian bukan dari AS, kalian bisa mengunduh aplikasi VPN dan mengatur ke kawasan AS. Kemudian membuat akun Spotify,” tulis @justinbieber dalam unggahan yang kini telah dihapus.

Tidak jelas apakah posting itu dibuat oleh Bieber sendiri atau seseorang di timnya.

Baca Juga:
Spotify Wrapped 2019, Rangkum Lagu Kesukaan Sepanjang Tahun 2019

Akhirnya banyak netizen yang mengkritik perbuatan Justin Bieber. Beberapa diantaranya bahkan menandai akun resmi petinggi tangga musik Billboard agar melihat kecurangan ini.

“Sedepresi apa dia sebagai selebriti dengan segala ketenaran dan keberuntungan hingga bisa meminta penggemar mengunduh VPN dan membuat akun Spotify dan mendengarkannya. Justin Bieber memalukan,” tulis seorang netizen.