Jutaan Akun Pengguna Clubhouse Bocor

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Isu keamanan data pengguna kini menghantui Clubhouse. Data sebanyak 1,3 juta pengguna layanan aplikasi diskusi lewat audio itu bocor.

Cyber News (11/4) melaporkan kebocoran data pengguna Clubhouse di forum hacker online. Data tersebut ditampilkan dalam format database SQL yang berisi identitas akun pengguna, nama asli, nama pengguna Clubhouse, akun Twitter dan Instagram pengguna. Meski demikian, dilaporkan tidak terdapat data sensitif seperti nomor kartu kredit.

Baca Juga:
Twitter Mau Caplok Clubhouse, Mahar Rp 58 Triliun

Peretas menggabungkan informasi yang ditemukan dalam database SQL yang bocor dengan pelanggaran data lain untuk membuat profil terperinci dari calon korban mereka. Dengan informasi seperti itu, mereka dapat melakukan serangan phishing dan social engineering yang jauh lebih meyakinkan atau bahkan melakukan pencurian identitas terhadap orang-orang yang informasinya telah terungkap di forum peretas.

Bagi pengguna yang ingin mengamankan data profil Clubhouse, beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan acuan diantaranya:

  • Gunakan pemeriksa kebocoran data pribadi kami untuk mengetahui apakah email Anda pernah bocor.
  • Waspadalah terhadap pesan Clubhouse yang mencurigakan dan permintaan koneksi dari orang asing.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi untuk membuat password yang kuat dan menyimpannya dengan aman.
  • Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA) di semua akun online Anda.
  • Selain itu, berhati-hatilah dengan email dan pesan teks phishing yang potensial. Sekali lagi, jangan mengeklik sesuatu yang mencurigakan atau menanggapi siapa pun yang tidak Anda kenal.

Baca Juga:
Asik, Main Clubhouse Kini Bisa Dapet Cuan

Popularitas Clubhouse menanjak di awal tahun ini. Saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap beta, sehingga pengguna yang mau menggunakan layanan ini harus mendapat undangan dari pengguna yang sudah memakai Clubhouse terlebih dulu.

Aplikasi ini pun baru tersedia untuk pengguna iOS saja, meski demikian saat ini Clubhouse sudah meraih lebih dari 10 juta unduhan, seperti dilaporkan The Verge.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories