Technologue.id, Jakarta – Asus meluncurkan inovasi terkini dengan menggabungkan teknologi prosesor AMD Ryzen dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 pada laptop terkininya. Varian yang diberi nama VivoBook Pro F570 ini hadir dengan desain yang tipis dan ringan tetapi tetap mengutamakan kinerja tinggi.

Prosesor yang mempersenjatai notebook ini terdiri dari dua pilihan, yaitu AMD Ryzen 5 dan AMD Ryzen 7. Kecanggihan prosesor ini tak sebatas untuk gaming saja, tetapi bisa juga untuk kegiatan lain yang membutuhkan komputasi dengan kinerja tinggi. Walau awalnya Asus memakai Ryzen untuk notebook gaming seri ROG, tetapi Ryzen juga sudah pernah diadopsi pada seri VivoBook X505Z.

Baca Juga:
Asus ROG G703GX, Laptop Gaming Pertama Bertenaga GeForce RTX

Kecanggihan prosesor Ryzen membuat Asus tetap berkolaborasi dengan AMD, namun kali ini dengan skema berbeda. Asus telah bekerja keras untuk menggabungkan Ryzen dengan GPU Nvidia GeForce GTX 1050 demi mengatasi kesulitan yang mungkin muncul.

Tentu hal ini tak terbayang sebelumnya karena umumnya GPU Nvidia dikombinasikan dengan prosesor Intel. Hal ini demi meraih pangsa pasar Ryzen yang telah meraih kesuksesan besar, sekaligus membidik pasar pecinta Nvidia. Hingga tahun 2018 pangsa pasar notebook berbasis Nvidia GTX di Indonesia memang mencapai angka yang cukup besar, yaitu 47,4%. Maka dari itulah ASUS membuat inovasi penggabungan Ryzen dan Nvidia yang tak ditemukan di vendor lain.

ASUS VivoBook Pro F570 dibekali dengan layar berukuran 15,6 inci, karena memang ASUS jawara di segmen notebook 15,6 inci. Berdasarkan laporan lembaga riset GFK, market share ASUS sampai tahun 2018 lalu di segmen notebook berukuran 15,6 inci mencapai 51,8%.

Baca Juga:
Ini 5 Laptop Gaming Terbaru di Indonesia, Ada yang Rp12 Jutaan Saja!

ASUS VivoBook F570 (Endah/Technologue.id)
ASUS VivoBook Pro F570 (Endah/Technologue.id)

Keunggulan ASUS VivoBook Pro F570

Baik pada skema Ryzen 5 dan Ryzen 7, GPU Nvidia GeForce GTX 1050 ini dibekali dengan VRAM 4GB, sehingga mampu menampilkan tampilan grafis yang begitu mulus. Sementara itu dari sisi media penyimpanan, kapasitas maksimal sampai 512GB untuk SSD dan sampai 2TB untuk HDD. Kehadiran layar 15,6 inci dengan resolusi FHD+ 1920 x 1080 piksel pada notebook ini memberikan pengalaman begitu mendalam dan detil.

Desain notebook ini begitu portabel dan ringan, bobotnya hanya 1,9kg. Konsep desain VivoBook Pro570 ini menggabungkan antara notebook konsumer dengan notebook gaming. Warna Reaper Black pada bodi laptop menggambarkan kesan canggih, sementara aksen Lightening Blue Edges pada logo memberi elemen gaming. Jadi dari segi desain maupun kinerja yang didukung Nvidia GTX 1050, gamer pun bisa menggunakan laptop ini.

Baca Juga:
Belum Tergoyahkan, Asus Puncaki Pasar Laptop Indonesia

Baterai pada laptop ini mampu bertahan sampai 10 jam, pengisian dayanya pun cepat, hanya 49 menit sanggup mengisi sampai 60%. Kelengkapan port cukup mengagumkan karena menyediakan segala koneksi yang dibutuhkan, yaitu USB tipe-C, tipe-A, 2.0, slot micro SD dan HDMI. Sementara itu untuk koneksi nirkabel mengandalkan Bluetooth 4.2 dan WiFi 802.11 ac 2×2 dual band. Teknologi WiFi terkini tersebut enam kali lebih cepat dibanding 802.11 n.

VivoBook Pro F570 terdiri dari dua pilihan konfigurasi, keduanya menggunakan RAM 8GB dan GPU GeFore GTX 1050 dengan VRAM 4GB. Pada skema yang memakai prosesor Ryzen 5 dan hanya dibekali HDD 1TB maka harga yang dibandrol adalah Rp 11,8 juta. Sementara konfigurasi yang menggunakan Ryzen 7, media penyimpanannya dibekali SSD 256GB dan HDD 1TB dibandrol dengan harga Rp14 juta. Produk dengan konfigurasi Ryzen 5 tersedia di berbagai toko offline dan online, sementara untuk Ryzen 7 terbatas hanya di JD.id.