Technologue.id, Jakarta – Data dianggap sebagai ‘nafas’ bagi pengembangan bisnis di OLX. Sebuah produk yang baik di platform jual beli online itu dibangun melalui analisis data yang tepat.

“Di OLX, data diolah dan digunakan dengan sangat serius. Semua keputusan bisnis yang dilakukan berbasis data, misalnya pengembangan user experience atau keputusan strategi harga,” ujar Kamalesh Bathala, Director of Customers and Analytics OLX Indonesia.

Data menjadi refleksi dari behavior pengguna sebuah platform—bagaimana mereka memanfaatkan platform dalam proses jual-beli. Mengolah dan membaca data dengan jeli dapat membantu OLX mengetahui kebiasaan pengguna dalam memanfaatkan OLX dalam kegiatan jual-beli.

Baca Juga:
OLX Hadirkan Layanan Inspeksi Mobil, Apa Gunanya

- Advertisement -

Dengan mengetahui kebiasaan pengguna, perusahaan e-commerce lokal tersebut dapat mengetahui kebutuhan mereka saat ini, serta memprediksi kebutuhan mereka yang akan datang. Dengan demikian, keputusan yang diambil akan tepat sasaran, contohnya pengembangan product feature yang relevan bagi para pengguna.

Data science sendiri merupakan bidang yang terus berevolusi seiring dengan perkembangan teknologi baru, termasuk alat yang digunakan dalam mengolah data. Namun demikian, sumber daya manusia pun menjadi faktor utama dalam proses tersebut. Untuk itu, profesi data scientist mulai banyak dicari oleh berbagai macam perusahaan, termasuk OLX.

Baca Juga:
OLX Geber Bisnis Mobil Bekas, Merek Apa Paling Laris?

Untuk dapat terhubung dengan para data scientist di Indonesia, OLX pun menjadi tuan rumah Data Talks: How to Build Strong Measurable and Data Tracking Capabilities to Drive, pekan lalu. Kegiatan ini merupakan kerjasama komunitas Data Science Indonesia dengan OLX, yang dihadiri oleh penggiat data science, di Indoensia.

Turut hadir di dalam acara ini, George Hodge dan Anthony Mockler dari Pulse Lab Jakarta, Rahadian Rizky Prayoga (Senior Data Scientist), dan juga Pim van Deurzen (Head of Analytics OLX Indonesia). Keempatnya berbagi informasi dan pengalaman tentang proses pengolahan data serta hasilnya.

“Kami sangat antusias menjadi tuan rumah Data Talks kali ini,” Kamalesh memberikan komentarnya. “Kami berharap kegiatan ini dapat menghubungkan OLX dengan komunitas Data Science Indonesia melalui proses sharing and learning, yang dibagikan oleh para praktisi data science, di Indonesia.”