Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kemendikbud: Pemanfaatan Teknologi di Sektor Pendidikan Belum Maksimal
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Pertumbuhan teknologi di berbagai industri tidak serta-merta berdampak signifikan pada peningkatan kualitas dan pemanfaatan teknologi untuk pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi masih terbentur tantangan yang belum terselesaikan sampai saat ini. Setidaknya, ada dua tantangan utama dari penerapan teknologi di dunia pendidikan. "Tantangan pertama, infrastruktur belum merata di Indonesia. Seperti yang kita tahu, ada infrastruktur yang sudah baik, ada juga yang masih kurang," ujar Hendriawan Hendriawan, Kepala Sub Bidang Aplikasi dan Pengendalian Bidang PTP Berbasis Multimedia dan Web, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Baca juga:

Quipper Gandeng Samsung demi Pikat Pelajar Indonesia

Meski saat ini Pulau Jawa sudah cukup baik dalam hal pemerataan koneksi internet di berbagai daerah, namun di luar Pulau Jawa, keuntungan tersebut belum diperoleh secara maksimal. Kurangnya pemerataan teknologi dirasakan masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk bisa menerapkan teknologi dalam kurikulum. Terkait soal infrastruktur, bukan hanya pihak sekolah yang wajib untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia memanfaatkan teknologi, tapi juga pemerintah daerah hingga pusat wajib untuk melakukan kolaborasi demi meningkatkan infrastruktur di berbagai daerah.

Baca juga:

Sejak 2012, Baru Kali Ini Pengiriman PC Global Alami Pertumbuhan

Selain masalah infrastruktur, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) juga dinilai masih menjadi tantangan yang dihadapi pemerintah dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi di pendidikan. "Kurangnya SDM ini terkait guru. Dalam hal ini, pemanfaatan mempelajari suatu ilmu memanfaatkan video secara online. Masalah infrastruktur hingga rendahnya inisiatif dari pihak pengajar masih banyak terjadi di sekolah,” kata Hendriawan.

Baca juga:

Indonesia Pasar Potensial untuk Industri Edutech

Penerapan teknologi di dunia pendidikan memang akan memakan waktu. Dari sisi pengajar dan siswa harus sama-sama paham cara menggunakan teknologi. Penerapan teknologi di dalam dunia pendidikan sangat penting. Karena teknologi sangat berperan dalam mengubah dan meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu solusi mengatasi guru 'gaptek' teknologi adalah dengan mengenalkan metode pembelajaran online yang bisa diakses secara mudah. Apalagi penyedia konten belajar online sudah banyak beredar di pasaran. Salah satunya Quipper.

SHARE:

Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Startup Energi Terbarukan Xurya Lolos Sertifikasi B Corp