Sejak 2012, Baru Kali Ini Pengiriman PC Global Alami Pertumbuhan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pengiriman PC global tumbuh secara eksponensial untuk pertama kalinya dalam enam tahun selama Q2 2018, ungkap perusahaan riset global Gartner. Laporan itu menyatakan bahwa pengiriman PC global melejit hingga 62,1 juta unit selama Q2 2018, menghasilkan peningkatan 1,4 persen dari periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan diamati di semua daerah sampai batas tertentu.

Baca juga:

Qualcomm Siapkan Snapdragon 850 untuk PC Berbasis Windows

Analis utama Gartner, Mikako Kitagawa, mengatakan bahwa pertumbuhan pengiriman PC pada kuartal kedua 2018 didorong oleh permintaan di pasar bisnis, yang diimbangi dengan penurunan pengiriman di segmen konsumen.

“Di segmen consumer, struktur pasar terlihat fundamental, karena perubahan perilaku pengguna PC, masih tetap ada, dan terus berdampak pada pertumbuhan pasar. Konsumen menggunakan ponsel cerdas mereka untuk tugas yang lebih banyak sehari-hari, seperti memeriksa media sosial, kalender, perbankan, dan belanja, yang mengurangi kebutuhan PC konsumen,” ujar Kitagawa.

Baca juga:

Apple Pensiunkan MacBook Pro 2015

Menurut Gartner, ada lima vendor PC teratas yang mengalami peningkatan pengiriman PC di seluruh dunia secara global selama Q2 2018 diantaranya Lenovo, HP, Dell, Apple dan Acer. Lenovo dan HP berhasil meraih 21,9 persen pangsa pasar, diikuti oleh Dell sebesar 16,8 persen, Apple di 7,1 persen dan Acer sebesar 6,4 persen. Semua brand PC lainnya mencatat pangsa pasar gabungan sebesar 25,9 persen.

Khusus di pasar AS, ada perubahan peringkat vendor PC teratas. HP mengamankan posisi pertama dengan pangsa pasar 29,3 persen, diikuti oleh Dell di 28,6 persen, Lenovo di 14,9 persen, Apple di 12,7 persen, Acer di 3,3 persen dan lainnya di 11,3 persen.

Baca juga:

Seperti Apa Supercomputer Tercepat di Dunia Saat Ini?

Pengiriman PC di Asia/Pasifik meningkat hingga 21,3 juta unit, menghasilkan peningkatan 0,1 persen dari Q2 2017. Pasar seperti India, Indonesia, dan Thailand mengalami pertumbuhan di segmen komersial.

Sementara itu, di China, pengiriman PC menurun 3,6 persen tahun ke tahun (YoY) karena kejenuhan pasar konsumen dan beberapa pengadaan bisnis tertunda hingga 2019.

Menurut IDC, pasar PC global tumbuh 2,7 persen selama Q2 2018. Angka IDC mengungkapkan HP mengamankan mayoritas pangsa pasar 23,9 persen, diikuti oleh Lenovo pada 22,1 persen, Dell sebesar 18,1 persen, Apple pada 6,9 persen, Acer di 6,7 persen dan lainnya di 22,3 persen.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories