Technologue.id, Jakarta – Gotong royong untuk memulihkan Palu dan Donggala, Sulawesi Tenggara, pasca dilanda bencana alam yang dahsyat sudah membuahkan hasil. Terhitung mulai Jumat (05/10/2018), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengklaim bahwa BTS operator seluler yang telah berfungsi mencapai 60 persen, naik 10 persen dari sehari sebelumnya.

Baca juga:

5 Raksasa Teknologi yang Berdonasi untuk Palu dan Donggala

Ada beberapa faktor yang membuat jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak gempa bumi bulan lalu itu beranjak pulih. Yang utama, berangsur pulihnya pasokan listrik di Palu dan jaringan transmisi yang mendukung keseluruhan BTS operator seluler.

Selain itu, hal ini tak bisa dilepaskan dari kerja keras tim recovery dari operator seluler dengan dukungan penuh dari tim Kemkominfo di bawah pimpinan Direktur Jenderal Sumber Daya & Perangkat Pos & Informatika, Dr. Ir. Ismail, MT.

Baca juga:

Simpati Berikan SIM Card dan Hotspot Wi-Fi Gratis untuk Pemulihan Palu

Dalam keterangan resmi yang disampaikan ke redaksi (05/10/2018), Kemkominfo menurunkan tiga tim untuk membantu proses pemulihan pascagempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Tim pertama yang dipimpin langsung Dirjen SDPPI terdiri atas 30 orang (pusat dan daerah) untuk membantu percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi seluler.

Sementara tim kedua yang dipimpin oleh Direktur Utama BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi & Informasi) Kemkominfo, Anang Latief, beranggotakan 12 orang yang secara khusus menyediakan dan mendistribusikan telepon satelit dan perangkat internet satelit. Tim terakhir dipimpin oleh Dirjen IKP, Rosarita Niken Widiastuti, yang bertugas membangun dan mengoperasikan media centre.

Baca juga:

SMS dan Telepon Gratis ke Semua Operator untuk Pelanggan Indosat di Palu

Sampai hari Jumat (05/10/2018), jumlah telepon satelit yang telah didistribusikan ke posko-posko pengungsian berjumlah 64 unit, masing-masing 31 unit di termin pertama dan 33 unit di termin kedua. Sedangkan jumlah perangkat internet satelit yang sudah berfungsi di lokasi bencana mencapai 10 unit perangkat yang dipasang di 10 tempat, seperti Posko Utama Korem, Rumah Dinas Gubernur, Kantor Walikota, RS Bhayangkara, RS Wirabuana. Dengan 10 perangkat internet satelit tersebut, warga dapat mengakses internet menggunakan Wi-FI secara gratis menggunakan user ID BaktiKominfo.