Technologue.id, Jakarta – Guna memudahkan komunikasi warga yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Telkom Indonesia menyediakan akses Wi-Fi gratis di 157 lokasi dengan SSID TelkomPeduli.

Akses Wi-Fi gratis tersebut tersebar di berbagai wilayah terdampak gempa meliputi: Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, Poso, dan Toli.

Baca juga:

Layanan 4G Telkomsel Berangsur Pulih Pasca Gempa dan Tsunami Palu

Tak hanya itu, Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, juga menyerahkan 1.000 unit kartu Simpati kepada Polda Sulawesi Tengah untuk membantu aparat kepolisian dan relawan melakukan koordinasi pasca bencana. Selain itu, untuk membantu awak media yang bertugas, TelkomGroup menyediakan Media Center di Kantor Telkom Jalan Moh. Hatta, Kota Palu.

“Kami sangat berterima kasih kepada TelkomGroup karena dalam waktu yang relatif singkat secara bertahap dapat me-recovery jaringan telepon maupun internet di Sulteng. Ini sangat memudahkan komunikasi antara posko dan petugas yang ada di lapangan,” jelas Kabid IT Polda Sulteng AKBP M. Haritsuddin.

Baca juga:

SMS dan Telepon Gratis ke Semua Operator untuk Pelanggan Indosat di Palu

Untuk layanan seluler bagi warga Sulawesi Tengah, TelkomGroup melalui Telkomsel memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator 24 jam yang berlaku selama seminggu, bagi seluruh pelanggan di Palu dan Donggala.

Paket gratis telpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS. Caranya, ketik SULTENG, lalu kirim ke 8999. Pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS Gratis ke seluruh operator dan berlaku selama seminggu.

Baca juga:

Pasca Gempa dan Tsunami Palu, XL Axiata Pastikan Jaringan Tetap Aman

Paket dapat diaktivasi melalui dial number *888*20#. Setiap aktivasi berlaku selama 7 hari dan paket layanan gratis ini dapat digunakan untuk 14 hari ke depan. Telkomsel juga menyediakan fasilitas telepon gratis di GraPARI Palu yang beralamat di Jalan Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Kota Palu.

“Hingga saat ini, recovery jaringan Telkomsel sudah mencapai 70 persen. Layanan komunikasi SMS dan voice sudah normal, demikian juga layanan internet 4G juga sudah berangsur pulih di kabupaten dan kota terdampak bencana, seperti di Palu, Donggala, dan Luwuk,” pungkas Direktur Nerwork Telkomsel, Bob Apriawan.