Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kolaborasi iSeller dan Microsoft Dorong Ekonomi Melalui Digitalisasi UMKM di Cloud dan AI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Merupakan salah satu roda penggerak utama bagi ekonomi Indonesia, UMKM dikabarkan berkontribusi terhadap PDB negara di angka 60,5% pada tahun 2022.

Namun demikian, berbagai tantangan nyatanya masih menahan kemajuan bisnis UMKM seperti adanya kendala dalam pemanfaatan teknologi digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menunjukan bahwa baru sekitar 21 juta dari total 64 juta UMKM di Indonesia yang telah memberdayakan teknologi digital dalam bisnis mereka, atau baru 32% dari seluruh UMKM yang sudah go digital.

Baca Juga:

Valve Larang Game Steam Gunakan Karya Seni AI yang Melanggar Hak Cipta

Oleh karena itu, iSeller yang merupakan Microsoft Enterpreneurship for Positive Impact berupaya membuka akses teknologi yang lebih luas kepada UMKM untuk mengembangkan bisnis secara mudah dan cepat melalui layanan platform omnichannel berbasis Microsoft Azure.

"Pengalaman di lapangan memperlihatkan bahwa satu kendala terbesar UMKM adalah keterbatasan sumber daya manusia. Melalui layanan iSeller , UMKM dapat menghubungkan semua channel mereka dalam satu platform tunggun sesuai skala yang mereka butuhkan," ujar Jimmy Petrus, CEO & Founder iSeller.

Salah satu bentuk realisasi platform ini dapat ditemukan pada Lakoo, sebuah aplikasi mobile gratis dengan UI/UX ramah pengguna dari iSelleryang dapat bertindak sebagai entry point UMKM untuk go digital. Di sini, UMKM dituntun dalam langkah-langkah awal memanfaatkan teknologi digital. Mulai dari membuat website dengan cepat, mentransformasi sistem pembukuan manual dengan menggunakan kasir digital, hingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran elektronik.

Didukung oleh sistem keamanan Azure yang memiliki lebih dari 100 sertifikasi keamanan berstandar internasional, transaksi bulanan ratusan ribu UMKM pengguna iSeller yang
mencapai ratusan juta rupiah pun senantiasa terjaga keamanannya.

Tidak hanya mendorong akselerasi ekonomi digital UMKM, iSeller juga berupaya menggerakkan dukungan terhadap kualitas lingkungan di ekosistem UMKM yang berkeja sama dengan iSeller.

Baca Juga:

Hilang Kontak Sejak April, Helikopter Mars Milik NASA Beroperasi Lagi

"Guna berpartisipasi dalam penerapan ekonomi hijau tersebut, kami memilih menggunakan infrastruktur teknologi ramah lingkungan seperti Azure yang telah 100% netral karbon sejak 2012. Penggunaan Azure memungkinkan kami untuk meningkatkan efisiensi energi iSeller dan mitra-mitra UMKM; mendorong penguatan ekosistem nasional yang mengambil bagian dalam realisasi target net zero emissions 2060 Indonesia,” sambung Jimmy.

Menurut Laporan Indeks Ekonomi Hijau, upaya transisi menuju ekonomi hijau dapat mendorong rata-rata pertumbuhan PDB di angka 6,1-6,5% per tahun hingga 2050, menyelamatkan 87 sampai dengan 96 ton emisi gas rumah kaca pada rentang 2021-2060, serta menurunkan intensitas emisi sebesar 68% di 2045.

SHARE:

Kaca Mata Pintar di Film Iron Man Bakal Diwujudkan Apple

Kehilangan Pelanggan, Netflix Berencana Luncurkan Paket Nonton Gratis