Kominfo Pastikan Ketersediaan 4G di Destinasi Super Prioritas

Technologue.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menjanjikan ketersediaan jaringan yang lebih baik untuk mendukung destinasi wisata super prioritas.

- Advertisement -

Destinasi wisata super prioritas sendiri tersebar di lima lokasi, yakni Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Likupang di Sulawesi Utara.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (18/1/2021), ia menyebut akan membantu kesiapan jaringan 4G di lokasi tersebut, baik itu kecepatan, maupun kualitas jaringannya. Bukan hanya untuk para wisatawan, tetapi juga untuk semua sektor.

Baca Juga:

Pasca Gempa, Telekomunikasi di Majene Sumbar Berangsur Baik


“Ketersediaan jaringan 4G di destinasi wisata super prioritas bukan hanya untuk wisatawan yang datang. Tapi juga usaha mikro, kecil dan menengah guna menunjang kepariwisataan,”, katanya.

Hal ini pun diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Sebab menurutnya saat ini sektor telekomunikasi dan informatika (TIK) merupakan infrastruktur utama, bukan lagi tambahan.

“Karena sekarang begitu kita mendarat di destinasi super prioritas, pasti kita akan menyalakan smarphone kita dan akan sangat bergantung terhadap sinyal,” jelasnya.

Baca Juga:

Menkominfo Jabarkan Enam Fokus Kerja di Tahun 2021


Lebih lanjut Menteri Sandiaga berharap tak hanya infrastruktur TIK saja yang digalakan, tetapi juga big data. Ia berpendapat dengan teknologi ini sektor pariwisata sekaligus ekonomi akan pulih meski di tengah pandemi.

Menteri Kominfo sendiri menyebut pihaknya saat ini juga tengah berfokus meneruskan pembangunan infrastruktur jaringan di wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal).

Ia menargetkan pada tahun 2022 seluruh wilayah baik itu administratif pemerintah maupun pemukiman penduduk ketersediaan jsringn sudah merata.

Latest News

Huawei Bakal Buat Mobil Listrik

Technologue.id, Jakarta - Sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat kepada Huawei memberikan luka yang mendalam. Dan sekarang, Huawei perlahan-lahan mulai merambah industri lain.

Tak Tertarik ke Mars, Bill Gates Pilih Rawat Bumi

Technologue.id, Jakarta - Bill Gates mengaku tak tertarik mengeksplorasi luar angkasa layaknya Elon Musk. Hal ini ia sampaikan dalam sesi wawancara dengan...

Bersama Studio Anime Asal Jepang, Netflix Garap Serial Terminator

Technologue.id, Jakarta - Netflix dan studio anime asal Jepang, Production I.G akan menggarap serial animasi Terminator. Proyek ini akan diproduseri oleh Matt...

Paman Boboho Meninggal, Jagat Twitter Diselimuti Duka

Technologue.id, Jakarta - Aktor asal Tiongkok Ng Man-tat atau yang lebih dikenal Paman Boboho dikabarkan meninggal dunia, Sabtu (27/2/2021) pukul 17:16 waktu...

Teknologi China Makin Maju, Mantan Bos Google Sebut AS Terancam

Technologue.id, Jakarta - Mantan CEO Google, Eric Schmidt mengungkapkan kekhawatirannya atas kemajuan teknologi China. Ia menyebut Amerika Serikat (AS) kini tengah terancam.

Related Stories