Technologue.id, Jakarta – Dewasa ini beragam konsol game diciptakan dengan pengamanan sistem ekstra. Sistem ini dibuat agar konsol sulit untuk di-hack, sehingga tidak akan bisa memainkan game bajakan. Salah satu yang menerapkannya adalah konsol Nintendo Switch.

Namun baru-baru ini, muncul sebuah penampakan yang cukup mengejutkan. Penampakan tersebut adalah sebuah konsol Nintendo Switch yang beralih fungsi menjadi sebuah tablet berbasis Linux atau mereka menyebutnya Linux on the Switch.

Baca juga:

Nintendo Switch Gampang Rusak? Ini Kata Petinggi Nintendo

Seperti dilansir dari TheVerge.com (21/02/2018), sekelompok hacker yang menamai diri mereka fail0verflow memposting sebuah gambar di Twitter. Gambar tersebut adalah sebuah perangkat Nintendo Switch yang tengah menjalankan sistem operasi Linux. Disebutkan bahwa mereka adalah salah satu dari segelintir tim hacker yang coba mengeksploitasi perangkat keras Nvidia Tegra yang ada di dalam Switch.

Baca juga:

Nintendo Labo, Mainan Canggih Khusus Anak-anak Super Kreatif

Tak hanya berupa foto, fail0verflow juga memperlihatkan video berisi perangkat Switch yang menjalankan Linux distro, lengkap dengan dukungan layar sentuh, browser yang bisa digunakan, hingga menjalankan sebuah aplikasi demo yang membutuhkan tenaga GPU.

Fail0verflow juga mengklaim bahwa bug yang coba mereka eksploitasi untuk menghindari sistem keamanan yang dimiliki Switch tidak dapat di patch pada perangkat keras yang baru dirilis serta tidak memerlukan modchip sama sekali.

Baca juga:

Ini Game-game PC yang Layak Ditunggu di 2018

Sayangnya, fail0verflow tidak menjelaskan rincian bagaimana cara melakukannya. Namun yang pasti, ini menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa, sekaligus menjadi sinyal bagi Nintendo untuk menambal celah keamanan tersebut.