Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Lagi, Data Pengguna Bukalapak Diretas dan Dijual di Forum Hacker
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Belum usai isu pembobolan data pengguna Tokopedia, kasus serupa turut mendera Bukalapak. Belasan akun pelanggan platform e-commerce lokal itu dilaporkan bocor dan dijual ke pasar gelap.

Seorang anggota forum dark web mengaku punya 13 juta data pengguna Bukalapak yang siap dilego di situs terlarang RaidForums.

Baca Juga:
Diretas, Tokopedia Klaim Data pembayaran Tetap Aman

Pemilik akun Startexmislead membuat sebuah utas dengan label "Selling" alias dijual. Isinya, ada 12.957.573 akun Bukalapak yang akan dilepas. Sang hacker pun meminta calon pembeli untuk menghubungnya lewat pesan pribadi.

Dalam postingan 4 Mei 2020 itu, hacker Bukalapak melampirkan contoh data yang dijual, mulai dari informasi nama lengkap pengguna, e-mail, dan tanggal lahir. Yang mengejutkan, dari contoh tersebut tercantum nama-nama petinggi di Bukalapak, seperti pendiri Achmad Zaky dan Fajrin Rasyid.

Contoh data yang dilampirkan berupa teks, bukan screenshot database berjenis PostgreSQL, serupa dengan yang diunggah pembobol database Tokopedia sebelumnya. Sementara dalam deskripsi item yang dijual, diketahui bahwa hashtype yang digunakan masuk dalam kategori Bcrypt.

Baca Juga:
Tokopedia Terancam Terjerat UU ITE Akibat Kasus Kebocoran Data

Belum diketahui apakah 13 juta data Bukalapak yang dijual ini serupa dengan data 13 juta pengguna yang bocor tahun lalu.

Sebelumnya, tahun lalu peretasan data 13 juta akun Bukalapak sempat ramai dibicarakan. Saat itu data dijual oleh peretas Pakistan yang dikenal dengan nama Gnosticplayers.

Untuk harga, pelaku peretas mematok total hingga 1,2431 Bitcoin atau sekitar Rp 70 juta.

SHARE:

Google One Akan Lenyapkan Fitur VPN

WhatsApp Diprotes Gara-Gara Turunkan Batas Usia Pengguna Jadi 13 Tahun