Lagi, India Blokir 43 Aplikasi Asal China

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pemblokiran 175 aplikasi asal China tampaknya belum cukup bagi India. Kini, Negeri Bollywood itu dikabarkan telah memblokir 43 aplikasi tambahan.

Dilansir dari TechCrunch pada Kamis (26/11/2020), pemblokiran ini dilakukan masih terkait keamanan data. India menuding aplikasi-aplikasi tersebut dapat mengancam ketahanan dan kemananan nasional.

“Tindakan ini diambil karena aplikasi terkait terlibat dalam aktivitas yang merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum,” terang Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi India.

Baca Juga:

Tim Keamanan Siber India Temukan Kerentanan di WhatsApp Versi iOS


Lebih lanjut dikatakan, pemblokiran ini dilakukan untuk menindaklanjuti laporan yang diterima dari Indian Cyber Crime Coordination Center yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri India.

Aplikasi-aplikasi yang diblokir pemerintah India sendiri terbilang cukup populer. Termasuk aplikasi Tencent, Snack Video, AliExpress, aplikasi pengiriman Lalamove dan aplikasi belanja Taobao Live.

Dengan pemblokiran ini, tampaknya tidak ada lagi aplikasi asal China yang bertengger di daftar 500 aplikasi terpopuler India.

Baca Juga:

Setelah Diblokir, PUBG Mobile Kembali Hadir di India dengan Penyesuaian Konten


Untuk diketahui, ketegangan antar dua negara tetangga ini sebenarnya dipicu oleh konflik di bulan Juni lalu yang menewaskan lebih 20 tentara India.

Hingga saat ini ketegangan masih terus berlangsung, di mana puncaknya adalah kampanye boikot aplikasi dan produk asal China.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories