Technologue.id, Jakarta – Ketika pertama kali memunculkan fitur Stories, Snapchat mungkin berpikir bahwa inilah fitur khas dari platformnya. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, banyak media sosial yang mengadaptasinya pula, dari Instagram, WhatsApp, hingga YouTube.

Kini, medsos asal China, WeChat, juga menampilkan fitur serupa. TechCrunch.com (24/12/2018) menuliskan kalau fitur dengan nama resmi Time Capsule itu mengadaptasi pula fitur-fitur Stories, yakni akan hilang dalam 24 jam, memiliki sticker dan emoji, serta berdurasi 15 detik saja.

Baca juga:

Medsos Sakaratul Maut Ini Diserang Hacker, 52 Juta Pengguna Terancam

Yang sedikit berbeda dengan Instagram, Time Capsule tidak atau belum bisa di-share ke daftar teman terdekat atau close friends. Cara penyajiannya pun tak 100 persen sama. Alih-alih menyejajarkan kumpulan Time Capsule itu, pengguna WeChat harus mencarinya dulu di Moments (mirip News Feed di Facebook, yang merupakan wadah berbagi artikel, foto, dan video), group chat, atau di starred friend list. Tanda user yang sudah mengunggah instant stories itu adalah simbol lingkaran berwarna biru di samping profil yang bersangkutan.

Lagi-lagi, Muncul Medsos dengan Fitur Stories ala Snapchat
Ikon lingkaran biru, tanda user WeChat telah mengunggah Time Capsule-nya (source: TechCrunch.com)
- Advertisement -

Baca juga:

Foto-foto “Rahasia” 6,8 Juta Pengguna Facebook Bocor!

Fitur ini dihadirkan berbarengan dengan perubahan besar di dalam platform WeChat sejak 2014. Melihat persaingan antarplatform video singkat seperti Tik Tok, yang fun serta identik dengan anak muda, dan Jinri Tuotiao, yang berbasis berita, WeChat sepertinya menganggap inilah jawaban yang pas untuk semakin memanjakan sekaligus mempertahankan para penggunanya.

Baca juga:

Saring Konten Negatif, Tik Tok Andalkan AI dan Seleksi Internal

WeChat sendiri memang bukan platform populer di Tanah Air. Akan tetapi, jejaring sosial besutan Tencent ini sejatinya punya massa yang besar. Ada lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan WeChat secara global.