Technologue.id, Jakarta – Sebuah kabar gembira telah diembuskan Canon. Perusahaan asal Jepang itu mengabarkan pada redaksi bahwa pihaknya berhasil meraih kembali penghargaan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2017 berkat produk printernya. Ini adalah raihan mereka yang ke-14 secara berturut-turut.

Majalah Swa selaku penganugerah ICSA 2017 bersama lembaga riset Frontier mendapuk Canon atas dasar survei yang sudah mereka lakukan terhadap masyarakat Tanah Air. Dengan total 5.700 responden dari enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Makassar, terbukti bahwa Canon unggul secara keseluruhan dari parameter yang ada.

Baca juga:

Uber Kebobolan, 57 Juta Data User dan Driver Jatuh ke Tangan Hacker

Adapun indikator yang jadi penilaian responden: Quality Satisfaction Score (QSS) yakni kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk, Value Satisfaction Score (VSS) atau kepuasan terhadap harga yang mereka bayar, Perceived Best Score (PBS) yakni keyakinan pelanggan bahwa merek yang mereka gunakan adalah merek yang terbaik dalam hal kepuasan konsumen, serta Expectation Score (ES) yang merupakan pengukuran terhadap suatu merek akan kemampuan dalam memberikan kepuasan di masa mendatang.

Baca juga:

Siapa Ma Huateng, Orang yang Kekayaannya Sudah Lebihi CEO Alibaba?

“Penghargaan ICSA ke-14 kali berturut-turut ini membuktikan printer Canon telah memenuhi kepuasan pelanggan di tanah air, sekaligus menjadi pemicu bagi kami untuk terus mempertahankan dan meningkatkan dalam menghadirkan produk-produk berkualitas begitu pun dengan layanan purnajualnya,” ujar Merry Harun, Canon Division Director, pt. Datascrip, pada redaksi (23/11/2017).

Canon sendiri punya portofolio yang lengkap di kategori rpinter. Terbagi menjadi dua sub-brand secara garis besar, PIXMA dan MAXIFY, perusahaan yang berdiri dari tahun 1933 itu punya produk printer dari yang khusus mencetak dokumen, foto, multi-fungsi, sampai yang berteknologi nirkabel dan portabel sekalipun.

Baca juga:

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?

Prestasi ini juga menambah penghargaan yang telah mereka raih sebelumnya, di antaranya Top Brand Award, Customer Loyalty Award, Indonesia Best Brand Award, dan penghargaan yang diberikan untuk layanan purnajual yaitu Service Quality Award.