Technologue.id, Jakarta – Teknologi dan invoasi adalah dua hal yang tak bisa terpisahkan. Di antara ide-ide brilian yang sukses terealisasi tahun ini, ada beberapa di antaranya yang termasuk dalam kategori gadget yang amat memukau.

Mengutip dari Time (16/11/2017), berikut lima gadget terinovatif pilihan redaksi.

Baca juga:

Speaker Glow in the Dark Bikin Ajeb-ajeb Makin Asoy!

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?
DJI Spark (source: DJI)

1. DJI Spark
Airborne drone amat populer belakangan. Kemunculan Spark pun semakin meriuhkan dan memasyarakatkan tren tersebut. Berbeda dengan beberapa drone yang berfungsi sebagai mapmaking atau penyelamatan, DJI Spark secara fungsional jauh lebih sederhana, yaitu mengambil foto, video, hingga selfie.

Harganya yang juga terjangkau, sekitar Rp6 jutaan saja, dan pengoperasiannya yang mudah adalah nilai utama betapa inovatifnya drone ini. Diyakini, ciptaan vendor asal Tiongkok ini bakal membuka kemungkinan baru penggunaan drone yang lebih luas ke depannya.

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?
Nintendo Switch (source: Nintendo)

2. Nintendo Switch
Lahirnya perangkat ini memungkinkan Anda memainkan game di mana pun Anda berada. Switch bahkan tak cuma mampu memfasilitasi seorang user, tetapi juga dua. Semisal Anda sedang berada di luar rumah dan dilanda kebosanan, ajak saja teman terdekat Anda bermain. Sesampainya di rumah, lanjutkan perseteruan Anda di dunia game karena Switch bisa jadi home console pula.

Sejak dirilis Maret lalu, Nintendo telah melego lebih dari 7,5 juta unit Switch di seluruh dunia. Targetnya, tahun ini penjualan mereka mengalahkan Wii U.

Baca juga:

Sony Luncurkan Produk Baru ke Indonesia, Smartphone?

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?
Jibo (source: Jibo)

3. Jibo
Tahun ini, perusahaan teknologi ternama melepas produk berupa asisten pribadi ke pasaran, sebut saja Google Home dan Amazon Echo. Sayang, “speaker-speaker” itu masih bertingkah layaknya robot, berbeda dengan Jibo.

Ya, robot itu memang belum bisa memutar musik atau terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Uber, tetapi Jibo menawarkan kedekatan emosional dengan user-nya. Tak cuma mampu tertawa dan berjoget, Jibo pun dapat menoleh ke arah mana pun Anda memanggilnya. Lucu, kan?

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?
eSight 3 (source: eSight Eyewear)

4. eSight 3
Selain asisten pintar, virtual reality juga jadi fenomena tersendiri meneruskan tren sedari tahun lalu. Namun selain Oculus atau VR headset lain, rasanya Anda juga perlu mengapresiasi kehadiran eSight 3.

Kacamata pintar ini diciptakan khusus untuk tunanetra. Begitu dipakai, algoritma dan teknologi tertentu yang diusungnya akan dapat memberikan tiruan visi yang sebenarnya, sehingga aktivitas harian para tunanetra bisa terbantu. Bahkan, dengan wearable gadget seharga Rp135 jutaan ini, orang-orang dengan keterbatasan pengelihatan bisa melakukan olahraga.

Baca juga:

PC yang Bisa Dimasukkan Saku Ini Bisa Putar Video Beresolusi 4K Lho!

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?
iPhone X (source: Apple)

5. iPhone X
Kendati banyak smartphone keren yang lahir tahun ini, pemilihan karya termutakhir Apple ini sebagai ponsel inovatif cukup beralasan. Sebab, gawai pertama Apple tanpa tombol home ini punya keunggulan di antaranya: desain dengan layar edge-to-edge, prosesor yang telah dioptimasi untuk augmented reality, serta kamera yang mampu men-track gerakan.

Kendati demikian, kehebatan smartphone ini tak bisa dirasakan banyak orang. Faktanya, banderol per unitnya sendiri amat tinggi yang sekaligus membuatnya menjadi model iPhone termahal dalam sejarah.

Sebenarnya, ini hanyalah seperlima dari daftar lengkap inovasi terbaik 2017 versi Time. Jika Anda penasaran dengan versi lengkapnya, jangan ragu untuk membawa pulang majalah Time edisi 27 November – 4 Desember 2017 volume 190.