Technologue.id, Jakarta – Walaupun AMD mulai kembali ‘bersinar’ sejak hadirnya Ryzen, Intel hingga saat ini masih mendominasi pasar laptop. Oleh karenanya, mereka pun menetapkan sebuah standar baru bagi para vendor laptop kelas premium.

Mengutip dari TheVerge (07/01/19), Intel dikabarkan baru saja merumuskan sebuah standar bernama Project Athena. Melalui proyek tersebut, ke depannya laptop premium yang menggunakan prosesor Intel harus disertai dengan konektivitas 5G dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI).

“Project Athena dirancang untuk menghadirkan pengalaman baru dan pemanfaatan pada teknologi masa depan, termasuk 5G dan AI”, penjelasan Intel.

Baca Juga:
Bikin Prosesor Laptop, Qualcomm Bakal Saingi Intel dan AMD

Hingga saat ini, belum diketahui sebenarnya kemana fokus yang ingin diraih Intel pada Project Athena.

Meski begitu, hal yang sudah pasti adalah 5G dan AI adalah dua fitur yang harus ada pada laptop di masa mendatang. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada hal lain yang juga menjadi standar, seperti daya tahan baterai, kinerja sistem, dan ukuran.

Baca Juga:
Snapdragon 855, Jawaban Qualcomm untuk Smartphone 5G

Intel sendiri saat ini sudah membuat sebuah roadmap untuk bisa menjalankan Project Athena. Rencananya, laptop yang sudah memenuhi standar tersebut akan tiba di pasar pada pertengahan kedua tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut pun sudah mendapatkan dukungan dari sejumlah produsen laptop berbasis sistem operasi Windows maupun Chromium, seperti Acer, Asus, Dell, Google, HP, Innolux, Lenovo, Microsoft, Samsung, dan Sharp.