Technologue.id, Jakarta – Berbeda dengan smartphone pada umumnya, teknologi layar lipat yang masih belum begitu masif membuat ongkos produksinya pun belum bisa semurah layar smartphone biasa. Hal ini pun berlaku untuk smartphone Samsung Galaxy Z Flip.

Mengutip dari PhoneArena (17/02/20), melalui laman resmi perbaikan smartphone Galaxy pada website Samsung, mereka sudah membeberkan ongkos untuk perbaikan Galaxy Z Flip. Setidaknya, Samsung mengutarakan dua komponen yang bisa diganti berikut dengan harganya, yaitu:

– Back Panel: US$99 (sekitar Rp1,350 juta)
– Flex Display Screen: $499 (sekitar Rp6,8 juta)

Baca Juga:
Pre Order Samsung Galaxy Z Flip Ludes dalam Sejam

Back panel sendiri merupakan komponen penutup panel yang ada di bagian belakang bodi. Sedangkan Flex Display Screen adalah layar utama yang tampil ketika posisi smartphone sedang tidak dilipat.

Jika dihitung-hitung, dengan harga ritel US$1380 atau sekitar Rp 18,9 juta, hampir setengah harga jual dari Samsung Galaxy Z Flip dihabiskan penggunanya untuk membeli layar lipatnya. Untungnya, untuk penjualan tahap awal ini, Samsung menyediakan diskon besar-besaran jika ada pengguna Galaxy Z Flip yang mengalami kerusakan pada layar.

Baca Juga:
Mewah, Samsung Galaxy Z Flip Edisi Thom Browne

“Jika Anda membeli Galaxy Z Flip sebelum 31 Desember 2020, Anda kemungkinan berhak untuk mendapatkan harga khusus untuk satu kali penggantian layar sebesar US$119 (sekitar Rp 1,6 juta)”, pernyataan di website resmi Samsung.