Technologue.id, Jakarta – Kompetisi eSports kini peduli terhadap kesetaraan gender. Pertandingan besar tidak lagi diminati oleh kalangan lelaki saja, namun juga berasal dari kaum Hawa. Tren ini mendorong Lenovo melalui brand gaming Legion mengadakan kompetisi Legion of Valkyries (LoV).

LoV merupakan sebuah kompetisi eSports pertama yang digelar oleh Lenovo khusus bagi gamer wanita. Turnamen ini untuk gamer wanita ini digelar bukan hanya di Indonesia saja, melainkan juga di 12 market di wilayah ini, termasuk Australia dan Selandia Baru yang akan ikut serta untuk pertama kalinya.

Baca Juga:
Lenovo Siap Gelar Babak Akhir Kompetisi eSports RoL dan LoC Seri 4

Berdasarkan survei Newzoo, jumlah gamers aktif di Indonesia berjumlah 43,7 juta jiwa. 56 persen berasal dari kaum lelaki, sedangkan 44 persen sisanya perempuan.

“Karena kita lihat trennya banyak banget gamers female sudah bermunculan. Tim-tim gamers yang female juga sudah mulai terbentuk, dan ada juga female youtuber. Kita lihat gaming itu sudah menjadi satu hobi juga untuk perempuan. Nah sampai saat ini belum pernah ada official yang kasih wadah itu, jadi kita pikir LoV kita bikin sendiri biar female itu bisa ikut berkompetisi,” ujarnya Diantika, Consumer Marketing Leader Lenovo Indonesia, ditemui usai konferensi pers turnamen RoL dan LoC di Main Atrium Taman Anggrek, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Untuk memberdayakan gamer perempuan, judul game yang diadu pun berbeda dengan turnamen pria pada umumnya. LoV mempertandingkan satu gim PC populer yakni Counter Strike:Global Offensive (CS:GO).

Baca Juga:
Modal Besar Lenovo Bangun Ekosistem eSports di Indonesia

Kata Diantika, minat gamer wanita mengikuti turnamen-turnamen sebenarnya mulai meningkat, namun mereka masih belum berani unjuk diri sebagai pemain eSports.

“Kemarin excitement-nya bagus banget, banyak juga yang nanyain, cuma memang pedenya saja belum keluar. Jadi kita baru terima sekitar 4 atau 5 tim yang mendaftar. Kalau lihat trennya female gamers itu lebih ke individual, mereka harus mencari tim dulu, sementara tim-tim gamers itu kan kebanyakan cowok semua, mereka sudah punya community-nya,” sambung Dian.

Untuk prizepool-nya, Lenovo pun tidak membedakan nominal hadiah yang diterima oleh tim gamer pria dengan wanita. Keduanya sama-sama akan diganjar uang tunai senilai Rp 258 juta jika keluar sebagai pemenang.

Untuk informasi, Lenovo akan menyelenggarakan babak grand final Rise of Legion (RoL) dan lokal final Legion of Champions Seri 4 (LoC IV) yang telah memasuki tahun k-4 dan akan diadakan di Mall Taman Anggrek, Jakarta, dari tanggal 9-10 November 2019.