Lewati Lazada dan Tokopedia, E-Commerce Ini Jadi yang Terpopuler di Indonesia

Lewati Lazada dan Tokopedia, E-Commerce Ini Jadi yang Terpopuler di Indonesia
Ilustrasi online shopping (source: shipgooder.com)

Technologue.id, Jakarta – Masyarakat Indonesia sepertinya sangat doyan berbelanja online. Kalau tidak begitu, tak mungkin beragam e-commerce dengan beragam model, baik yang lokal maupun dari luar, mau saling berkompetisi untuk memenangkan hati masyarakat di sini.

Yang menarik, e-commerce kesukaan masyarakat Tanah Air – terutama pemakai Android – ternyata sifatnya amat fluktuatif. Sebab menurut data dari Cheetah Data, divisi big data baru Cheetah Mobile, ada perbedaan peringkat aplikasi e-commerce Tanah Air berdasarkan penetrasi mingguannya (weekly active penetration) antara tahun 2017 dan 2016.

Baca juga:

Ini Masalah Dasar Industri E-Commerce Indonesia Menurut Co-Founder Alibaba

Ketika di tahun lalu OLX, Tokopedia, dan Lazada menduduki posisi tiga besar, keadaannya kini berbeda. Hasil studi Cheetah Data menunjukkan ada peningkatan luar biasa dari Shopee yang sukses menjadi kampiun di tahun ini dari posisi kelima di 2016 lalu. Dari keterangan resmi yang redaksi terima (02/10/17), penetrasi aktif mingguan mereka pun amat tinggi, yakni 3,99 persen.

Baca juga:

Bukan Baju Atau Gadget, Justru Ini Produk Terlaris di ShopBack

Di bawahnya, ada Lazada dan Tokopedia dengan penetrasi aktif mingguan masing-masingnya adalah 3,74 persen dan 3,26 persen. Keduanya hanya saling bertukar posisi di nomor dua dan tiga. Sementara itu, OLX justru terlempar ke nomor empat, tepat di atas Bukalapak.

Lewati Lazada dan Tokopedia, E-Commerce Ini Jadi yang Terpopuler di Indonesia
Peringkat aplikasi e-commerce di Indonesia berdasarkan Penetrasi Aktif Mingguan (source: Cheetah Mobile)

Fakta ini boleh diartikan bahwa kampanye yang dilakukan Shopee untuk membujuk masyarakat Indonesia berbelanja online dalam setahun terakhir, seperti gratis ongkos kirim untuk nominal pembelian tertentu, tergolong berhasil. Di samping itu, bisa saja dengan melesatnya posisi Shopee ini, pemain e-commerce lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak sedang loyo, sehingga mereka butuh genjotan besar untuk menyongsong 2018.

Baca juga:

Berhasil Ciptakan 574% Lapangan Kerja di Indonesia, Grab Sesumbar

Cheetah Mobile sendiri adalah perusahaan internet yang karyanya cukup terkenal di sini. Ya, merekalah pengembang aplikasi seperti Piano Tiles, Clean Master, dan Clean Master.

Sebagai tambahan, penetrasi aktif mingguan yang dipakai sebagai basis data ini dapat diketahui dengan membagi pengguna aktif mingguan suatu aplikasi dengan jumlah total pengguna aktif mingguan Android di Indonesia.