Technologue.id, Jakarta – Aplikasi pesan instan Line tak mau ketinggalan meramaikan Ramadan 1440 Hijriah. Line Indonesia luncurkan fitur spesial bernama Line Ramadhan Julit atau ‘Jurus Lebih Teladan’ dalam platform pesan instannya.

Dalam program spesial ini, Line menawarkan berbagai konten bermanfaat selama Ramadan dan bisa membantu pengguna menjadi individu yang lebih baik.

Baca Juga:
Line Webtoon Contest 2019 Kembali Digelar, Ajak Unjuk Kreasi Komikus Lokal

“Setelah tahun lalu kami meluncurkan chatbot Ramadan pertama di Indonesia, tahun ini kami fokus dalam memperkaya konten kami lewat fitur Line Ramadan. Fitur
ini kami rancang sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman berpuasa yang seru namun juga penuh makna untuk para pengguna,” ujar Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia, saat mengumumkan kampanye Line Ramadhan ini di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Pengguna akan disuguhkan tiga konten utama di antaranya Jurus Lebih Teladan (Julit) Ramadhan, Rejeki Anak Soleh, dan Baca Petunjuk Ramadan (Baper).

Konten Julit Ramadhan berisikan misi yang bisa bisa diselesaikan selama bulan suci. Jika berhasil, pengguna berkesempatan mendapat hadiah. Untuk memulai misi tersebut, pengguna akan diberikan sejumlah pertanyaan untuk menentukan misi selama sebulan kedepan.

Pada akhir Ramadan, Line Indonesia akan mengeluarkan rapor yang menunjukan berapa banya misi yang terselesaikan. Mulai dari shalat, membaca Alquran, hingga bersedekah.

Baca Juga:
Aplikasi WeChat Mau Tiru Konsep Line?

Lebih lanjut, dalam konten Rejeki Anak Soleh pengguna akan disuguhkan 7 pertanyaan tentang agama dengan jawaban pilihan ganda. Jika berhasil menjawab, pengguna akan mendapatkan poin yang bisa ditukar menjadi hadiah. Dikatakan Fauzan Helmi Sudaryanto, Product Manager Line Indonesia, permainan seru ini menyedot banyak perhatian pengguna.

“80 persen active user di bulan Ramadan pakai fitur ini,” ucapnya.

Sementara untuk konten Baper, aplikasi messaging asal Jepang itu menyajikan tujuh pesan Ramadan yang disampaikan sejumlah artis seperti Cinta Laura, Amanda Rawles, Sivia Azizah dan Ari Irham.

Selain itu, terdapat pula konten harian seperti jadwal dan alarm salat yang bisa menjadi penunjang ibadah selama Ramadan.

Berbeda dari tahun lalu, Line Ramadhan ini bisa juga diakses melalui website karena platform ini ingin menjangkau non user. Tapi fitur yang diberikan di versi website terbatas. Bila pengguna ingin mengakses fitur secara lengkap, mereka bisa beralih ke dalam aplikasi.