Loket.com Tunjuk Bhinneka Kelola Penjualan Tiket Segmen Korporasi

Technologue.id, Jakarta – Perusahaan pemesanan tiket online Loket.com memperluas bisnis industri hiburan ke ranah business-to-business (B2B), dari semula hanya fokus di business-to-customer (B2C).

Perusahaan yang diakuisisi oleh Go-Jek tahun lalu ini mengumumkan kerja sama dengan Bhinneka Bisnis, sebuah platform e-procurement yang memiliki 40 ribu pelanggan dari segmen B2B. Bentuk kerja sama ini sebagai bagian dari Loket Distribution Program (LDP) yang digagas oleh Loket.com untuk mewujudkan akses masyarakat Indonesia lebih luas pada industri hiburan.

LDP merupakan skema distribusi penjualan tiket yang disediakan Loket, untuk membangun jaringan dengan afiliasi secara online maupun offline. Adapun metode distribusinya, yaitu sistem terintegrasi API (application programming interface), agent dasboard, dan widget.

Baca juga:

Penuhi Kebutuhan Penyelenggara Event, “Anak” Go-Jek Luncurkan Loket.com

Rama Adrian, VP Consumer Solutions Loket, mengatakan bahwa dengan menggandeng Bhinneka, perusahaan ingin memberikan solusi dalam melayani market yang belum terangkat, dalam hal ini segmen korporasi.

“Selama ini kami sudah melayani segmen korporasi yang melakukan pembelian secara besar-besaran atau bulk purchase, namun semua itu dilakukan secara manual. Dengan menggandeng Bhinneka ini, sekarang by sistem bisa dibeli di Bhinneka Bisnis melalui situs b2b.id,” tutur Rama, di kantor pusat Go-Jek Indonesia, di Pasaraya Blok-M, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Atas kerja sama tersebut, pelanggan Bhinneka Bisnis dapat mengakses langsung tiket pertunjukan untuk kebutuhan korporasi. Seperti outing kantor atau workshop melalui website Bhinneka Bisnis.

Baca juga:

Go-Jek Resmi Akuisisi LOKÉT, Apa Tujuannya?

Rama menjelaskan, tidak ada perbedaan ‘jatah’ tiket, baik untuk segmen end-user maupun korporasi. Selama persediaan tiket masih ada, kedua segmen tersebut bisa mengaksesnya. Berbeda dengan harga, di sini segmen korporasi lebih diuntungkan. Beberapa penyelenggara event memiliki variasi komisi atau margin bila dibeli dengan cara bulk.

“Apalagi nanti ada program bundling, secara pricing akan terlihat berbeda,” pungkasnya.

Ferryzal Zulkarnain, VP Service Bhinneka (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Ditambahkan penjelasan Ferryzal Zulkarnain, VP Service Bhinneka, pelanggan dari sisi korporat memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda dibandingkan end-user. Mereka mempunyai pertimbangan khusus dalam pembelian tiket.

“B2B merupakan market yang besar. Mereka mempunyai bujet, sehingga sangat proper dari sisi budgeting, pengadaan, distribusi. Di sini, ada kebutuhan tiket yang harus di fullfil

Baca Juga:

Perluas Target Market, Go-Tix Luncurkan Layanan Versi Website

Kerja sama ini tidak terbatas pada tiket outing da MICE semata. Namun, akan dilanjutkan lini bisnis Bhinneka lainnya. Nantinya kerjasama ini diperluas pada segmen retail (B2C) Bhinneka.

Recent Articles

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga OPPO Reno 4

Technologue.id, Jakarta - OPPO Reno 4 resmi hadir di Indonesia. Meluncur secara virtual pada Kamis (6/8/2020), generasi terbaru seri Reno ini diklaim...

Pre-Order Oppo Reno 4 dan Oppo Watch Berlimpah Bonus

Technologue.id, Jakarta - Setelah diperkenalkan, keran pre-order Oppo Reno 4 dan Oppo Watch pun dibuka mulai hari ini, 6-14 Agustus 2020 melalui...

Shadow of Naught, Game Naratif Petualangan yang Rilis untuk Android di Early Access

Technologue.id, Jakarta - Shadow of Naught adalah game petualangan penuh gaya buatan PlayPlayFun dan FredBear Games. Game ini sekarang dirilis global untuk...

Ini Daftar Smartphone Xiaomi, Redmi, Poco, dan Black Shark yang Kebagian Android 11

Technologue.id, Jakarta - Tahun 2020 ini, sejumlah produsen smartphone sudah mulai mengembangkan Android 11 untuk lini produknya. Tak terkecuali Xiaomi. Bahkan, mereka...

Lakukan Pelecehan Seksual, Turah Parthayana Trending di Twitter

Technoloue.id, Jakarta - YouTuber kondang Turah Parthayana menjadi sorotan di media sosial Twitter. Bahkan, namanya menggema di puncak trending topik pada Kamis...

Related Stories