Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Mahasiswa Undip Sukses Bikin Tangan Bionik 2020 untuk Difabel
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sejumlah mahasiswa peneliti dari PUI PT Teknologi Kesehatan Universitas Diponegoro Semarang menciptakan tangan bionik generasi keempat yang diberi nama Bionic Hand 2020. Tangan bionik ini bisa dikontrol dengan perangkat Android, dan memudahkan penyandang disabilitas bisa beraktivitas kembali layaknya manusia normal.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Pria Australia Jalani Transplantasi Ginjal Robotik

COO Karya Mandiri Diponegoro Gilar Pandu mengatakan tangan bionik yang bisa dikontrol dengan perangkat Android ini, merupakan pengembangan dari Asto Bionic Hand, Bimo Bionic Hand dan Albiondi Bionic Hand. Ketiga tangan bionik itu, mulai dikembangkan sejak 2016 lalu. Pandu menjelaskan, untuk generasi keempat dari tangan bionik ini sudah didesain sesuai dengan ukuran tangan orang Indonesia. Yang menarik, generasi keempat tangan bionik ini memanfaatkan batang enceng gondok sebagai pengganti bahan fiber glass karena cukup mahal. “Untuk tangan bionik ini pada 2019 kemarin, kita mendapat tujuh orderan. Salah satu pemesannya dari TKI yang ada di Korea, dan memesan tangan bionik versi terbaru. Yang bersangkutan mengalami kecelakaan kerja. Tangan bionik ini kita riset di Indonesia, dan data yang kita gunakan adalah dari orang Indonesia. Secara ukuran akan sesuai,” kata Pandu.

Baca Juga: Gemas! MarsCat Robot Kucing Biokonik Pertama di Dunia

[caption id="attachment_59150" align="alignnone" width="636"] Mahasiswa Undip Sukses Bikin Tangan Bionik 2020 untuk Difabel[/caption] Tangan bionik ini tidak hanya ringan, namun juga smooth dan dapat merespon perintah gerakan lebih banyak, seperti menggenggam, mengangkat, menunjuk, menulis, dan sebagainya. Tangan bionik generasi keempat ini memang didesain lebih ringan dan hemat baterai dibanding generasi sebelumnya. Alat ini bisa dipasangkan bagi penyandang disabilitas yang masih memiliki lengan di bawah siku atau minimal 10 sentimeter. Meski telah diluncurkan, Bionic Hand 2020 akan terus dikembangkan terutama pada sensor, karena selama ini sensor bionic hand masih didapat dari impor. Harga Bionic Hand 2020 mulai dari Rp3 jutaan. https://www.youtube.com/watch?v=pots-fK9hIA&t=5s

SHARE:

Pakar Keselamatan Berkendara: Cek Komponen Mobil Setelah Dipakai Mudik, Khususnya Oli

Mobil Listrik Xiaomi SU7 Kecelakaan dengan Mercedes-Benz, Begini Penampakkannya