Main PlayStation Classic Pakai Flash Drive, Bisa?

Technologue.id, Jakarta – September lalu, Sony berusaha mengobati kerinduan gamer angkatan 90-an, yakni dengan menghadirkan kembali PlayStation edisi perdana. Video game legendaris itu lahir dengan desain yang sama persis, tetapi ukurannya lebih kecil.

- Advertisement -

Mulanya, PlayStation Classic hadir dengan 20 judul saja, termasuk Rayman, Final Fantasy VII, dan Tekken 3. Walau hadir dengan judul game yang terbatas, tetapi para hacker di luar sana tak kehabisan akal.

Baca juga:

Nostalgia, Sony Luncurkan Lagi Playstation Klasik Generasi 90-an

Melansir TheVerge.com (10/12/2018), peretas ternama seperti Yifan Lu dan madmonkey1907 telah berhasil menemukan cara untuk me-load game lain yang tidak terdaftar secara resmi untuk PlayStation Classic. Caranya pun unik, yaitu melalui USB drive.

Celah ini terungkap setelah diketahui Sony menyembunyikan kuncu untuk mendekripsi elemen tersensitif dalam software di perangkat itu sendiri. Dari sinilah, komunitas hacker console mencoba mentransformasi PlayStation Classic menjadi emulator.

Baca juga:

Terpincut Sukses Nintendo, Sony Perkenalkan PlayStation Classic

Lu berhasil menjalankan Crash Bandicoot via USB drive. Hacker GitHub lainnya, Pat Hartl, pun mengikuti jejak Lu dengan membuat tool open-source yang memungkinkan gamer di rumah melakukan hacking ini lebih mudah.

Baca juga:

5 Smartphone Hebat Sony Pencetak Sejarah

Target Sony saat merilis PlayStation Classic memang lebih ke nostalgia atau koleksi. Namun ketika konsol tersebut bisa dibajak seperti ini, bukan tidak mungkin calon-calon konsumen di luar sana justru ingin membeli perangkat ini sebagai konsol utamanya.

Latest News

Huawei Bakal Buat Mobil Listrik

Technologue.id, Jakarta - Sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat kepada Huawei memberikan luka yang mendalam. Dan sekarang, Huawei perlahan-lahan mulai merambah industri lain.

Tak Tertarik ke Mars, Bill Gates Pilih Rawat Bumi

Technologue.id, Jakarta - Bill Gates mengaku tak tertarik mengeksplorasi luar angkasa layaknya Elon Musk. Hal ini ia sampaikan dalam sesi wawancara dengan...

Bersama Studio Anime Asal Jepang, Netflix Garap Serial Terminator

Technologue.id, Jakarta - Netflix dan studio anime asal Jepang, Production I.G akan menggarap serial animasi Terminator. Proyek ini akan diproduseri oleh Matt...

Paman Boboho Meninggal, Jagat Twitter Diselimuti Duka

Technologue.id, Jakarta - Aktor asal Tiongkok Ng Man-tat atau yang lebih dikenal Paman Boboho dikabarkan meninggal dunia, Sabtu (27/2/2021) pukul 17:16 waktu...

Teknologi China Makin Maju, Mantan Bos Google Sebut AS Terancam

Technologue.id, Jakarta - Mantan CEO Google, Eric Schmidt mengungkapkan kekhawatirannya atas kemajuan teknologi China. Ia menyebut Amerika Serikat (AS) kini tengah terancam.

Related Stories