Technologue.id, Jakarta – September lalu, Sony berusaha mengobati kerinduan gamer angkatan 90-an, yakni dengan menghadirkan kembali PlayStation edisi perdana. Video game legendaris itu lahir dengan desain yang sama persis, tetapi ukurannya lebih kecil.

Mulanya, PlayStation Classic hadir dengan 20 judul saja, termasuk Rayman, Final Fantasy VII, dan Tekken 3. Walau hadir dengan judul game yang terbatas, tetapi para hacker di luar sana tak kehabisan akal.

Baca juga:

Nostalgia, Sony Luncurkan Lagi Playstation Klasik Generasi 90-an

Melansir TheVerge.com (10/12/2018), peretas ternama seperti Yifan Lu dan madmonkey1907 telah berhasil menemukan cara untuk me-load game lain yang tidak terdaftar secara resmi untuk PlayStation Classic. Caranya pun unik, yaitu melalui USB drive.

- Advertisement -

Celah ini terungkap setelah diketahui Sony menyembunyikan kuncu untuk mendekripsi elemen tersensitif dalam software di perangkat itu sendiri. Dari sinilah, komunitas hacker console mencoba mentransformasi PlayStation Classic menjadi emulator.

Baca juga:

Terpincut Sukses Nintendo, Sony Perkenalkan PlayStation Classic

Lu berhasil menjalankan Crash Bandicoot via USB drive. Hacker GitHub lainnya, Pat Hartl, pun mengikuti jejak Lu dengan membuat tool open-source yang memungkinkan gamer di rumah melakukan hacking ini lebih mudah.

Baca juga:

5 Smartphone Hebat Sony Pencetak Sejarah

Target Sony saat merilis PlayStation Classic memang lebih ke nostalgia atau koleksi. Namun ketika konsol tersebut bisa dibajak seperti ini, bukan tidak mungkin calon-calon konsumen di luar sana justru ingin membeli perangkat ini sebagai konsol utamanya.