Technologue.id, Jakarta – Instagram meluncurkan sebuah fitur baru untuk IGTV. Jejaring sosial berbagi foto itu menambahkan dukungan untuk video dengan format landscape, sebagai alternatif dari format video vertikal yang telah tersedia sebelumnya.

Kehadiran fitur video dengan format landscape ini terinspirasi dari aspirasi para kreator dan penonton. Instagram mendengar bagaimana para kreator ingin memposting video dalam format landscape di IGTV mereka.

Baca Juga:
Instagram Luncurkan Filter dan GIF Bertema Ramadhan di Instagram Stories

Di saat yang bersamaan, Instagram juga mendengar aspirasi para penonton yang menemukan video landscape di IGTV dan berharap dapat menontonnya dengan tampilan landscape yang benar di layar ponsel mereka.

- Advertisement -

Anak perusahaan Facebook itu menyadari bahwa pembaruan ini merupakan sebuah evolusi besar dari awal peluncuran IGTV, tetapi Instagram percaya bahwa ini merupakan sebuah perubahan yang tepat bagi para penonton dan kreator.

Peluncuran fitur yang memungkinkan postingan konten selain video berformat vertikal di IGTV ini merupakan hal yang sama dengan apa pernah dilakukan Instagram saat memungkinkan pengguna memposting foto dengan format lain selain ukuran 1:1 di tahun 2015. Pembaruan tersebut pada akhirnya memungkinkan para kreator untuk semakin mengembangkan kreativitas mereka dan meningkatkan interaksi. Instagram percaya bahwa hal yang sama juga akan terjadi di IGTV.

Baca Juga:
Makin Lengkap, Bisa Bikin Kuis di Instagram Stories

Bagi para penonton, pembaruan ini menandakan bahwa IGTV akan menjadi sebuah tempat untuk menonton lebih banyak konten dari para kreator yang mereka sukai, secara langsung dari ponsel mereka. Sedangkan bagi para kreator, pembaruan ini akan memberikan mereka peluang untuk mengekspresikan diri dengan cara mereka sendiri.

Video vertikal merupakan format yang tepat bagi kreator yang ingin menjadi lebih dekat dan personal dengan penontonnya. Namun, video landscape memiliki kelebihan tersendiri, terutama saat kreator ingin membagikan video tarian atau olahraga, yang memiliki banyak pergerakan dan terkadang menampilkan banyak orang dalam video.

“Instagram ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh kreator yang telah turut menciptakan sebuah komunitas yang bermakna, kuat, dan beragam, serta membantu menciptakan masa depan TV di ponsel. IGTV hanya sebuah pemulaan. Instagram akan terus berinovasi agar tidak hanya sekedar membantu Anda membangun komunitas, tetapi membangun bisnis Anda di IGTV dan Instagram,” menurut keterangan resminya.