Sepertiga User Facebook dan Instagram Tak Aktif Tahun Ini

Technologue.id, Jakarta – Sepertinya, inilah sebuah sinyal buruk untuk kerajaan Facebook Inc., kalau tak ingin dibilang petunjuk untuk berjuang lebih keras lagi mempertahankan user-nya. Survei dari PiperJaffray menghasilkan kesimpulan bahwa sepertiga dari pengguna Facebook dan Instagram di Amerika Serikat mengaku tidak seaktif tahun lalu.

Mengutip BusinessInsider.com (23/08/2018), dari survei yang dilakukan terhadap 1.300 netizen AS ini, memang pengguna dua platform tersebut masih dominan (67 persen). Namun, 33 persen sisanya yang sudah jengah dengan tidak boleh diremehkan, karena bukan tidak mungkin populasi user tersebut berlipat ganda di tahun-tahun berikutnya.

Baca juga:

4 Juta User Facebook Terancam Dicuri Datanya, Sebab?

Kemungkinan besar, penurunan minat warganet AS untuk memakai Facebook dan Instagram adalah karena adanya beragam kasus dan skandal yang melilit Mark Zuckerberg cs. Mulai dari propaganda Rusia untuk Pemilu 2016, Cambridge Analytica, berita hoax, hingga sejumlah teori konspirasi yang bertebaran menjadi akselerator apatisme masyarakat ke jejaring sosial.

Baca juga:

Beredel Aplikasi yang Tak Aktif, Facebook Dituding Cuma Pencitraan

Di sisi lain, temuan ini sedikit kontras dengan survei dari Goldman Sachs beberapa waktu lalu. Mereka menyimpulkan bahwa pengguna Facebook di AS justru makin aktif pasca skandal Cambridge Analytica. Di samping itu, ada kemungkinan bahwa responden di survei PiperJaffray ini bertendensi mengurangi laporan penggunaannya daripada over-report.

Baca juga:

Awas, Laman Facebook Palsu Banyak Gentayangan!

Facebook sendiri telah berusaha untuk menciptakan lingkungan digital yang lebih nyaman, misalnya dengan menyiagakan tim reviewer konten, mengadopsi machine learning untuk memerangi berita hoax, hingga men-suspend lebih dari ratusan aplikasi di platformnya yang mencurigakan, termasuk myPersonality.

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories