Technologue.id, Jakarta – Teknologi augmented reality (AR) telah merambah dunia fashion. Sudah banyak brand fashion ternama yang mengadopsi teknologi satu ini. Kebanyakan memanfaatkan AR untuk membuat pelanggan dapat mencoba produk yang diinginkan tanpa perlu berkunjung ke toko.

Gucci, brand fashion premium asal Italia ikut menerapkan teknologi AR ini. Mereka meluncurkan sebuah aplikasi iOS yang memungkinkan pelanggan setianya mencoba koleksi Ace sneakers langsung dari rumah dengan memanfaatkan AR.

Baca Juga:
5 Pertimbangan Sebelum Membeli Headset VR

Pengguna dapat mencoba memilih sepatu Ace besutan Gucci yang mereka inginkan. Caranya pun cukup mudah, cukup arahkan kamera ponsel ke bagian kaki. Aplikasi akan meminta pengguna untuk mencoba sepatu secara virtual.

- Advertisement -

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memfoto diri mereka menggunakan produk yang mereka sukai, dan bisa membagikan gambarnya di sosial media.

Baca Juga:
Seperti Apa Headset VR Wireless Buatan Qualcomm?

Untuk memaksimalkan aplikasi miliknya, Gucci mengolaborasikan AR dengan machine learning di perangkat guna menempatkan posisi sepatu secara real-time dan menyesuaikan pencahayaan, tekstur dan warna sepatu dengan lingkungan sekitar pengguna.

Teknologi yang digunakan oleh Gucci ini disediakan oleh startup bernama Wannaby. Startup ini berasal dari Belarus dan mereka memang dikenal dengan berbagai projek dan aplikasi yang melibatkan augmented reality.