Technologue.id, Jakarta – Selama ini, laptop gaming dikenal dengan bobotnya yang berat, tebal, dan panas. Kalaupun ada yang tipis, biasanya performanya tak sekencang yang berukuran tebal. Melihat hal tersebut, Nvidia pun memberikan solusinya.

Mengutip dari NextPowerUp (30/05/17), melalui ajang tahunan di Taiwan, Computex 2017, Nvidia memperkenalkan sebuah standar baru dalam merancang sebuah laptop gaming yang berbasis GeForce GTX, bernama Max-Q Design.

Dengan memanfaatkan standar desain Max-Q, para produsen perangkat komputer bisa membuat laptop gaming dengan graphics card GeForce yang sangat bertenaga namun dengan dimensi yang tipis sehingga cocok untuk para gamer mobile.

Untuk bisa mengoptimalkan performa graphics card di dalam ukuran bodi yang tipis, desain Max-Q mempunyai empat kunci utama, yaitu menggunakan GPU yang efisien dari sisi konsumsi daya, melakukan optimalisasi pada konfigurasi game, menggunakan sistem pembuangan panas yang lebih baik, dan menggunakan komponen regulator yang lebih efisien.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa varian graphics card mobile yang kompatibel dengan desain Max-Q, yaitu GeForce GTX 1080, 1070, dan 1060.

Rencananya, laptop yang berbasis Max-Q sendiri nantinya akan mulai tersedia di pasaran pada 27 Juni 2017 mendatang, namun belum diketahui produsen laptop mana saja yang nantinya bakal mengadopsi konsep tersebut.

 

Baca juga:

Acer Perkenalkan Spin 1, Laptop Hibrida Premium nan Tipis

Microsoft Perkenalkan Laptop Pesaing Macbook Air

Power Bank 30.000mAh Ini Siap Dikeroyok Smartphone dan Laptop! Harga?