Technologue.id, Jakarta – Perlahan-lahan, kesiapan teknologi 5G terasa semakin dekat. Pasalnya, selain mulai diuji coba oleh perusahaan telekomunikasi global, perusahaan semikonduktor pun mulai membuat chipset yang sudah mendukung 5G. Dan salah satunya adalah MediaTek.

Baca Juga:
MediaTek Kembangkan Chipset Berbasis 5G

Mengutip dari GSMArena (29/05/19), MediaTek dilaporkan baru saja memperkenalkan Helio M70. Chipset yang diproduksi dengan teknologi 7nm tersebut dipastikan sudah memiliki modem dengan konektivitas 5G.

Joe Chen, Presiden MediaTek menjelaskan bahwa modem 5G yang tertanam di dalam Helio M70 tersebut memungkinkan seluruh smartphone menggunakan jaringan 5G standalon dan non-standalone yang beroperasi pada sub frekuensi 6 GHz.

- Advertisement -

Baca Juga:
MediaTek Hadirkan Chipset yang Optimal untuk AI

Untuk wilayah yang belum tercakup jaringan 5G, modem pada Helio M70 tersebut juga mendukung teknologi jaringan mobile sebelumnya, mulai dari 4G, 3G, bahkan 2G.

Chipset pertama yang mengadopsi prosesor ARM Cortex-A77 dan Mali-G77 itu rencananya baru akan siap didistribusikan ke berbagai pabrik pada kuartal ketiga 2019 mendatang. Kemungkinan, perangkat yang sudah menggunakan Helio M70 baru bisa ditemui di pasaran pada awal 2020 mendatang.