Technologue.id, Jakarta – Cakupan jaringan 4G LTE di Indonesia mungkin belum merata. Namun di luar negeri, sudah ada beberapa perusahaan teknologi yang tengah mengembangkan ekosistem 5G, dan salah satunya adalah MediaTek.

Mengutip dari GSMArena.com (01/11/2018), MediaTek dikabarkan sudah mengumumkan bahwa mereka tengah menggarap chipset berbasis 5G yang diberi nama Helio M70. Kemungkinan besar, produk ini baru bisa rampung pada pertengahan tahun 2019 mendatang.

Baca juga:

Inikah Smartphone 5G Pertama Xiaomi? Kapan Rilis?

Berbeda dengan chipset mobile berbasis System-on-Chip (SoC) yang biasa mereka kembangkan, Helio M70 adalah sebuah komponen modem yang berdiri sendiri, sehingga tidak terintegrasi dengan komponen lainnya. Sebelumnya, hal ini juga sempat dilakukan oleh Intel dan Qualcomm dalam menyediakan modem eksternal untuk perangkat mobile.

- Advertisement -

Baca juga:

Akan Lebih Banyak Orang Main Game di Smartphone, Ini Sebabnya

Hingga saat ini, belum jelas siapa produsen smartphone yang akan bekerja sama dengan MediaTek untuk bisa menyematkan Helio M70. Di sisi lain, modem yang terintegrasi dengan sebuah chipset sebenarnya lebih banyak disukai oleh para produsen gadget lantaran bisa menekan biaya produksi dan harga jual.

Baca juga:

OnePlus Siap Rilis Smartphone 5G, Kapan?

Jika semuanya sesuai rencana dan sudah ada produsen smartphone yang mau mengadopsinya, sekitar tahun 2020 kemungkinan sudah ada gadget yang mulai menggunakan chipset Helio M70. Kira-kira, brand mana ya yang akan mengadopsi Helio M70 ini nantinya?