Mejeng di Google Doodle, Ini Dia Sosok Marie Thomas

Technologue.id, Jakarta – Ilustrasi dokter wanita muncul di Google Doodle hari ini, Rabu (17/2/2021). Dia adalah Marie Thomas, dokter wanita pertama Indonesia kelahiran Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896.

- Advertisement -

Kemunculannya di muka laman pencarian Google bukan tanpa alasan. Ini dilakukan untuk mengenang jasanya yang telah mendobrak stigma bahwa yang boleh menjadi dokter hanyalah kaum pria saja.

Marie Thomas bisa dibilang Kartini di dunia medis. Pada saat itu hanya pria saja yang menimba ilmu di School tot Opleiding van Indische Artsen ( STOVIA). Di tahun 1912, dia menjadi wanita pertama yang belajar di sana.

Baca Juga:

Selamat Hari Pers Nasional! Ini Sejarahnya


Sepuluh tahun kemudian, atau tepatnya tahun 1922, Marie Thomas lulus dari STOVIA dan meraih gelar doktor. Kemudian menjadi spesialis bidang obstetri serta ginekologi dan memulai praktiknya di rumah sakit utama di Batavia.

Setelah itu Marie Thomas bekerja di Medan, Manado, dan kembali ke Batavia untuk bekerja di Rumah Sakit Budi Kemuliaan. Dia juga sempat menjadi asisten Nicolaas Boerma, seorang dokter Belanda yang spesialisasi dalam bidang obstetri.

Marie Thomas merupakan salah satu dokter pertama di Indonesia yang memakai alat pengaturan kelahiran dan intrauterine device. Dia pun mendirikan sekolah kebidanan di tanah Sumatra.

Baca Juga:

Hari Pertama 2021, Google Hadirkan Doodle Spesial


Kemurahan hatinya juga patut diteladani, di mana ia kerap membantu pasien yang tidak mampu dengan tidak mengenakan biaya atas jasanya.

Marie Thomas sendiri meninggal di Bukittinggi, Sumatra Barat pada 10 Oktober 1966. Dia meninggal di usia 70 tahun karena pendarahan otak.

- Advertisement -

Latest News

Ini Smartphone Gaming dengan Refresh Rate Layar 165Hz Pertama di Dunia

Technologue.id, Jakarta - RedMagic, brand gaming dari subdivisi ZTE Nubia, telah meluncurkan smartphone baru hasil kerja sama dengan raksasa teknologi dan game...

iPhone X Meledak, Apple Digugat Pengguna

Technologue.id, Jakarta - Pria asal Australia, Robert De Rose menggugat Apple lantaran iPhone X-nya meledak. Insiden ini sebenarnya terjadi pada 2019 lalu...

Pertama Kalinya Oppo Gusur Huawei Jadi Brand Smartphone No 1

Technologue.id, Jakarta - Pasar smartphone China menyambut 'raja' baru. Setelah dihuni bertahun-tahun oleh Huawei, saat ini peringkat teratas pasar smartphone Tiongkok ditempati...

Bocoran Model Tank Baru di Call of Duty Mobile Season 2

Technologue.id, Jakarta - Call of Duty Mobile rilis model tank baru di advance server. Kabar itu sudah beredar beberapa minggu yang lalu....

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Vivo S9 5G dan Vivo S9e 5G

Technologue.id, Jakarta – Vivo kembali mengumumkan dua smartphone 5G terbarunya, yaitu Vivo S9 5G dan S9e 5G. Desain kedua smartphone anyarnya ini...

Related Stories