Mejeng di Google Doodle, Ini Dia Sosok Marie Thomas

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Ilustrasi dokter wanita muncul di Google Doodle hari ini, Rabu (17/2/2021). Dia adalah Marie Thomas, dokter wanita pertama Indonesia kelahiran Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896.

Kemunculannya di muka laman pencarian Google bukan tanpa alasan. Ini dilakukan untuk mengenang jasanya yang telah mendobrak stigma bahwa yang boleh menjadi dokter hanyalah kaum pria saja.

Marie Thomas bisa dibilang Kartini di dunia medis. Pada saat itu hanya pria saja yang menimba ilmu di School tot Opleiding van Indische Artsen ( STOVIA). Di tahun 1912, dia menjadi wanita pertama yang belajar di sana.

Baca Juga:

Selamat Hari Pers Nasional! Ini Sejarahnya


Sepuluh tahun kemudian, atau tepatnya tahun 1922, Marie Thomas lulus dari STOVIA dan meraih gelar doktor. Kemudian menjadi spesialis bidang obstetri serta ginekologi dan memulai praktiknya di rumah sakit utama di Batavia.

Setelah itu Marie Thomas bekerja di Medan, Manado, dan kembali ke Batavia untuk bekerja di Rumah Sakit Budi Kemuliaan. Dia juga sempat menjadi asisten Nicolaas Boerma, seorang dokter Belanda yang spesialisasi dalam bidang obstetri.

Marie Thomas merupakan salah satu dokter pertama di Indonesia yang memakai alat pengaturan kelahiran dan intrauterine device. Dia pun mendirikan sekolah kebidanan di tanah Sumatra.

Baca Juga:

Hari Pertama 2021, Google Hadirkan Doodle Spesial


Kemurahan hatinya juga patut diteladani, di mana ia kerap membantu pasien yang tidak mampu dengan tidak mengenakan biaya atas jasanya.

Marie Thomas sendiri meninggal di Bukittinggi, Sumatra Barat pada 10 Oktober 1966. Dia meninggal di usia 70 tahun karena pendarahan otak.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories