Membongkar Sisi Tersembunyi POCO F2 Pro

Technologue.id, Jakarta – Xiaomi kembali menggelar sesi teardown secara virtual pada Rabu (29/7/2020). Kali ini, unit POCO F2 Pro seharga Rp 6,999,000 yang mendapat giliran.

Sesi teardown dilakukan untuk memperlihatkan apa isi dari ponsel POCO F2 Pro. Pembongkaran ini dilakukan oleh Woro Prasetio selaku Senior Technical Support Engineer Xiaomi Indonesia dan didampingi oleh Andi Renreng, Product PR Manager Xiaomi Indonesia.

Sesi teardown dimulai dengan melepas port kartu SIM dengan cara menarik cover belakang belakang POCO F2 Pro menggunakan peralatan seperti suction cup dan pemanas untuk memudahkan lem terlepas dari balik bodi punggung ponsel yang berlapis grafit untuk menjaga suhu komponen.

Setelah itu dilanjut dengan melepas 12 baut untuk bisa membuka pelindung belakang agar bisa mengakses ke mainboard. Kemudian kabel flexy yang menghubungkan mainboard dengan sub board juga dilepas.

Baca Juga:
Poco F2 Pro, Smartphone Gaming Gahar dengan Kamera Pop Up

Pada bagian mainboard, terdapat empat sensor kamera yakni kamera utama 64 megapiksel menggunakan sensor dari Sony IMX 686, didampingi sensor kamera ultra-wide 13MP, sensor makro 5MP, dan sensor depth 2MP.

Selain itu, ada juga sensor 360 derajat ambient light untuk mendapatkan kondisi pencahayaan layar yang paling ideal karena didampingi 3 sensor ambient light di posisi lainnya.

Pembedahan kemudian dilanjutkan ke bagian motor yang mendorong kamera depan untuk menyembul dari badan ponsel. Di dalamnya terdapat sensor kamera 20MP yang memungkinkan pengambilan video gerak lambat hingga 120 fps untuk menghasilkan slo-mo-fie.

Setelah puas, pembongkaran kemudian mengarah ke sub board yang terletak di bagian bawah ponsel berisi sensor sekaligus modul Wi-Fi setelah melepas speaker. Komponen Z axis linear motor untuk memberikan umpan balik dari sentuhan pengguna bisa ditemui di sana.

Baca Juga:
Poco F2 Pro Meluncur Usung Desain Kamera Baru

Baterai 4.700 mAh juga tidak lupa menjadi komponen yang dilepas dalam sesi ini. Baterai ini mendukung pengisian melalui fitur fast charging 30W yang dapat mengisi ulang daya hingga 64% dalam 30 menit dan 100% dalam 63 menit.

Selanjutnya pembongkaran dilakukan ke bagian pendinginan Liquid Cooling 2.0 berupa vapor chamber yang mencakup 28 persen dari bodi ponsel. Komponen yang berperan dalam menurunkan suhu CPU hingga 14 derajat letaknya ada di belakang layar.

POCO F2 Pro sendiri hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 865. Prosesor ini didukung RAM LPDDR5 , CPU Kryo™ 585 octa-core dan GPU Adreno™ 650, yang sama-sama menawarkan peningkatan performa hingga 25% dibandingkan pendahulunya.

Recent Articles

Summoners War: Legacy, Komik Spin-Off dari RPG Mobile Populer

Technologue.id, Jakarta - Penerbit Summoners War, Com2uS dan Skybound/Image Comics, umumkan karya terbaru mereka Summoners War: Legacy, spin-off buku komik dari RPG...

Pangsa Pasar Apple dan Xiaomi Turun di Semester 1 2020

Technologue.id, Jakarta - Tingginya tensi antara dua negara besar, Amerika Serikat dan Tiongkok karena perang dagang, membuat smartphone Huawei justru lebih diminati...

Galaxy Note Series Makin Kencang, Makin Produktif

Technologue.id, Jakarta - Samsung Galaxy Note Series telah mengubah persepsi orang tentang kemampuan sebuah smartphone. Lewat seri terbaru Galaxy Note20 Series, Samsung...

Bocoran PUBG Mobile Season 15: Tanggal Rilis, Fitur, Outfit, dan Hal Baru Lainnya

Technologue.id, Jakarta - Developer PUBG Mobile sudah menyusun season 15 bahkan sebelum season 14 resmi berakhir, beberapa fitur baru disiapkan untuk masa...

Diguyur Investasi, Ayoconnect Bangun Open Bill Network Pertama di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan teknologi keuangan Indonesia Ayoconnect mengumumkan pendanaan Pra-Seri B senilai US$5 juta dari investor strategis global untuk membangun jaringan...

Related Stories