Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Mengadu Irit Bandwidth Aplikasi Telekonferensi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Dua minggu setelah imbauan untuk bekerja dan belajar dari rumah, banyak aktivitas belajar kelompok atau rapat kini dilakukan via online melalui berbagai aplikasi telekonferensi seperti Google Hangouts, Zoom, atau Skype. Agar kegiatan virtual ini dapat berlangsung lancar tanpa lag yang mengganggu, penting untuk memilih aplikasi telekonferensi dengan kebutuhan bandwidth yang rendah serta memiliki koneksi internet yang stabil. Setiap layanan telekonferensi memiliki kebutuhan bandwidth yang berbeda-beda, sesuai dengan fitur dan kapabilitas yang ditawarkan. Untuk membantu memilih aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam melakukan telekonferensi dari rumah, 3 (Tri) Indonesia telah melaksanakan pengujian internal terbatas pada empat layanan telekonferensi populer paling banyak digunakan di jaringan 3 serta dapat diakses secara gratis di Indonesia. Berikut ulasan dan faktanya.

Baca Juga: Tri Indonesia Alami Lonjakan Trafik Data ke E-Learning

Grafik di atas adalah hasil pengujian internal terbatas 3 menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan. Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi. Sementara aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik. Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan.

Baca Juga: Tri Indonesia Siap Antisipasi Lonjakan Trafik Data Saat Sekolah Diliburkan

Dibandingkan dua minggu sebelumnya, akses terhadap empat layanan aplikasi telekonferensi video ini meningkat hingga 693%, khususnya pada jam kerja. “Pasca imbauan dari Pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, kebutuhan internet di jam kerja meningkat pesat. Di periode yang sulit ini, tim teknis 3 Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil. Kami berupaya untuk memastikan pengguna 3 Indonesia dapat mengadakan diskusi online maupun rapat tatap muka secara virtual dengan nyaman,” ungkap Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia. Selama periode #DiRumahAja, 3 Indonesia tetap beroperasi penuh untuk memberikan jaringan kuat dan produk-produk yang relevan sehingga dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam aktivitas berinternet dan menjalankan kegiatan sehari-hari dari rumah.

SHARE:

Poco Respon Keluhan HP Meledak Saat Dicas

Spotify Tambah 1000 Koleksi Audiobook