Technologue.id, Jakarta – Penyedia solusi internet Skyroam memperluas cakar bisnis di Indonesia dengan menggandeng vendor ponsel Wiko. Khusus bagi pengguna ponsel Wiko Tommy 3 series, mereka bisa menikmati akses internet di mana pun tanpa perlu terhubung dengan sinyal dari operator telco maupun Wi-Fi. Oleh sebab itu, teknologi ini disebut sebagai Virtual SIM (vSIM).

Di dalam ponsel tersebut, Skyroam menyuntikkan software untuk mengelola koneksi internet dan membeli paket data bernama SIMO. Aplikasi pre-instal itu tidak tersedia untuk diunduh melalui toko aplikasi mobile. Namun saat ini, hanya tersedia di smartphone terbaru dari Wiko.

Saat ingin internetan, pengguna tinggal menekan tombol Connect untuk mengaktifkan koneksi internet. Begitu sebaliknya, jika ingin mematikan, hanya perlu memencet Disconnect.

Baca juga:

Wiko Luncurkan Tommy 3 Series, Tawarkan Akses Internet Tanpa Ribet

- Advertisement -

SIMO akan mencari jaringan internet secara otomatis yang paling stabil untuk pengguna. SIMO telah bekerja sama dengan 300 operator dari 135 negara sehingga menjamin koneksi akan stabil dengan lokasi pengguna di mana pun berada. Hal ini terjadi berkat proses distribusi data dari SIM Bank dan server ke perangkat, lalu perangkat terhubung ke tower yang dimiliki oleh operator lokal.

Di dalam aplikasi tersebut, perusahaan juga menyediakan beragam pilihan kuota internet yang diklaim murah ketimbang harga yang ditawarkan oleh operator lokal. Opsi paket data Indonesia mulai dari 100MB untuk harga US$0,13 (sekitar Rp1.800), 200MB dengan harga US$ 0,22 (sekitar Rp3.000), dan 500MB senilai US$0,48 (sekitar Rp6.700).

Untuk melakukan top-up, Skyroam bakal menggandeng pelaku layanan digital payment di Indonesia seperti TCash, OVO, hingga merchant offline seperti Indomaret dan Alfamart.

Baca juga:

Bangkit dari Bangkrut, Vertu Kembali Jual Ponsel Mewah, Harganya?

Menurut Lloyd, Operating Director of Phone & IoT BU Skyroam, SIMO kompatibel dengan berbagai segmentasi smartphone, mulai dari yang low-end sampai high-end. Asalkan, ponsel itu memiliki chipset MediaTek.

“SIMO bisa dipakai di ponsel mana pun termasuk low-end seperti Wiko Tommy 3 series ini. Yang penting dengan chipset MediaTek,” tuturnya.

Skyroam SIMO adalah perusahaan telekomunikasi yang bertaraf internasional. Berdiri sejak 2008, kantor Skyroam terletak di delapan negara di dunia. Antara lain Amerika Serikat, China, Jerman, Filipina, Hongkong, Indonesia, Jepang, dan Singapura.

Baca juga:

Xiaomi Rilis Smartphone Pertama dengan RAM 10GB

Sebelumnya, perusahaan yang mengantongi pendanaan sebesar US$50 juta ini telah meluncurkan Skyroam Solis, yaitu Global Wi-Fi Hotspot berkekuatan 4G LTE sekaligus Power Bank. Dalam kurun tiga tahun, perangkat ini telah digunakan oleh 10 juta pengguna di 100 negara.