Technologue.id, Jakarta – Samsung Galaxy S20 Ultra yang menjadi varian paling mahal dan paling kaya fitur dari keluarga S20, mengemas salah satu teknologi yang Samsung sebut sebagai fitur “Space Zoom”. Fitur Space Zoom ini menghadirkan 10x “Hybrid Optic Zoom” dan 100x “Super Resolution Zoom”.

Sebenarnya, ini adalah perpaduan antara zoom optikal dan digital, atau lebih dikenal dengan zoom hibrida. Jadi, tak cuma sekadar menggunakan hardware, cara ini menggunakan beberapa manipulasi software.

Baca Juga:
Gokil, Samsung Galaxy S20 Ultra Bisa Zoom 100x

Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan lensa telefoto dengan periskop, yang diberi nama periscope lens. Konsep semacam ini sudah kita temui tahun lalu di Huawei P30 Pro.

Sekedar mengingatkan, tahun 2019, Huawei P30 Pro sempat membuat publik kagum dengan kemampuan kameranya yang luar biasa, salah satunya karena memberikan hasil zoom 10x yang kuat.

Huawei memperkuat kemampuan zoom di P30 Pro dengan kekuatan perbesaran optik hingga 5 kali dan perbesaran hybrid hingga 10 kali dengan pembesaran digital hingga 50 kali. Dikutip dari Stuff.TV (19/2/2020), P30 Pro masih dinilai memiliki salah satu pengaturan kamera terbaik yang tersedia saat ini, bahkan hingga setahun kemudian.

Baca Juga:
Pre Order Samsung Galaxy Z Flip Ludes dalam Sejam

Bedanya, Galaxy S20 Ultra memiliki resolusi lebih tinggi, dan zoom optikal yang lebih besar daripada yang ditawarkan oleh Huawei P30 Pro. Dengan ini, 100x zoom bisa dicapai.

Namun perlu diperhatikan, semakin berlipat pembesaran yang digunakan, kestabilan fokus tentunya berkurang. Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki teknologi Super Steady dengan bantuan AI untuk menganalisa dan menangkap gambar yang lebih stabil.

Sementara itu, teknologi serupa sebelumnya pertama kali diorbitkan oleh Huawei P30 Pro dengan Optical Image Stabilisation yang menggunakan teknologi AI Image Stabilisation (AIS) untuk memperkuat sinergi antara software dan hardware, sehingga mampu meningkatkan stabilitas pemotretan zoom dari jarak jauh. Tak hanya itu saja, Ia juga memiliki fitur AI HDR+ yang mampu mengatur tingkat eksposur pada foto.

Teknologi optik yang digunakan P30 Pro, membuat gambar yang dihasilkan menggunakan teknologi pembesaran hingga 10 kali tetap tajam. Dengan pembesaran hingga 50 kali pun, foto yang dihasilkan masih menghasilkan bentuk yang cukup jelas.

Seperti perbandingan dua hasil foto bulan di bawah ini, sebagaimana dilansir dari GizGuide (12/2/2020):