Technologue.id, Jakarta – Setelah diperkenalkan menjelang event MWC 2019, Oppo akan meluncurkan ponsel dengan kamera 10x zoom pada kuartal kedua tahun ini, atau antara April dan Juni. Sebelum melihat seberapa banyak zoom optik di ponsel ini, kita perlu mengetahui dibalik arti “10x” itu sendiri.

Kamera belakang memiliki tiga modul kamera, dimulai dengan kamera utama 48MP yang dipasangi lensa 28mm (wide), kamera ultra-wide 16mm (120 derajat), dan lensa telefoto memiliki panjang fokus 160mm (setara dengan 35mm), sehingga mampu melakukan zoom 10 kali lipat. Begini hasil foto yang diambil oleh ponsel kamera 10x zoom, sesuai dilansir dari laman GSM Arena (23/2/2019):

Hasil foto yang diambil oleh ponsel kamera 10x zoom (Source : GSMarena)
Hasil foto yang diambil oleh ponsel kamera 10x zoom (Source : GSMarena)

Baca Juga:
Eksplorasi Teknologi 5G dan 10x Lossless Zoom Oppo di MWC 2019

Perlu diingat tidak semua pabrikan menyertakan kamera sudut ultra lebar saat menghitung rentang zoom. Jika kita menghitung ini untuk Mate 20 Pro, maka itu akan memberikannya kemampuan zoom 5x, sedangkan Galaxy S10 Plus hanya memiliki zoom 4,3x.

- Advertisement -

Lensa telefoto adalah desain periskop dengan prisma yang memantulkan cahaya yang masuk sebesar 90 derajat. Inilah yang memungkinkan lensa 160 mm ringkas menjadi mungkin.

Menariknya, prisma digunakan untuk menstabilkan gambar secara optik. Kamera 48 MP juga memiliki OIS. Sistem stabilisasi baru telah meningkatkan presisi sebesar 73 persen dibandingkan modul yang lebih lama.

Baca Juga:
Oppo A7 Versi RAM 3GB Dijual Lebih Murah

Oppo kini telah membuat miniatur modul untuk kamera zoom 5x yang lama dan menemukan ruang untuk sensor lebih besar untuk boot. Hal ini memangkas 55 persen ketebalan dan membuatnya menjadi hanya 6,76 mm. Itu hampir setipis kamera pada R17 Pro.

Oppo telah memulai produksi massal modul tiga kamera dengan zoom 10x. Ponsel pertama dengan teknologi baru itu akan keluar di kuartal kedua tahun ini.