Technologue.id, Jakarta – Di panggung X018 di Mexico City, Microsoft mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi developer video game baru. Tak cuma satu, tetapi dua. Mereka adalah Obsidian Entertainment dan InXile Entertainment.

Obsidian Entertainment adalah pengembang di balik Fallout: New Vegas, Dungeon Siege III, dan South Park: The Stick of Truth. Sementara InXile yang memiliki spesialisasi di RPG mengembangkan game macam Wasteland 2 serta game RPG yang dimainkan di headset virtual reality, The Mage’s Tale.

Baca juga:

Tak Mau Kalah, Developer Indonesia Ikutan Bikin Game MOBA

Mengutip VentureBeat.com (10/11/2018), akuisisi ini mencerminkan keseriusan Microsoft untuk menjadi pemain besar di industri game. Juni lalu, mereka padahal baru mengakuisisi empat studio, termasuk Ninja theory dan Playground Games. Total, raksasa Redmond itu kini memiliki 13 tim pengembang game di bawah bendera The Initiative, studio game besutan Microsoft.

- Advertisement -

Baca juga:

Bantu Linux, Microsoft Lepas 60 Ribu Patennya

Rentetan akuisisi ini juga sekaligus menjadi langkah yang sengaja diambil Satya Nadella cs untuk mengejar ketertinggalannya dengan perusahaan lain, sebut saja Sony dan Nintendo. Cukup aman beranggapan kalau dalam waktu dekat, akan banyak game-game eksklusif yang dihadirkan di platform-platform yang berada di ekosistem game Microsoft.

Baca juga:

Microsoft Baru Resmikan 4 Gadget Canggih Ini, Mana Favorit Anda?

Sayangnya, produsen Xbox itu enggan mengumbar detail dana yang mereka gelontorkan untuk akuisisi ini. Walaupun, dari sumber yang redaksi kutip, Microsoft tak berencana melakukan perombakan signifikan di internal Obsidian dan InXile.