Microsoft Matikan Cortana di iOS dan Android

Technologue.id, Jakarta – Microsoft akan mengakhiri layanan asisten digital Cortana pada awal 2021. Perusahaan besutan Bill Gates tersebut akan menghapus Cortana versi iOS dan Android. Penghapusan ini diumumkan melalui halaman resmi Cortana untuk pengguna.

“Ketika kami melakukan perubahan menuju pengalaman asisten bertenaga AI dalam Microsoft 365 yang transformasional, kami perlu menyesuaikan area fokus inovasi dan pengembangan untuk memberikan bantuan kepada pelanggan di tempat yang paling mereka butuhkan. Hasilnya, kami membuat perubahan pada beberapa fitur dan fungsionalitas berpusat pada konsumen Amerika Serikat dengan penggunaan yang lebih rendah,” kata Microsoft, dalam website resminya, Jumat (31/7/2020).

Baca Juga:
Microsoft Minat Akuisisi TikTok?

Dengan keputusan ini, tidak berarti Microsoft membunuh asisten virtual ini sepenuhnya. Sebaliknya, Cortana akan terus hidup di dalam iOS dan Android.

Penghapusan Cortana pun didasari oleh pengintegrasian asisten virtual tersebut ke dalam Microsoft 365. Microsoft menjelaskan bahwa konten yang dibuat Cortana, seperti pengingat dan jadwal, tidak akan lagi tersedia di aplikasi Microsoft Launcher berbasis Android. Meski begitu, konten yang dibuat Cortana masih dapat diakses melalui Microsoft To Do.

Nantinya, Cortana akan digunakan untuk konfigurasi pengaturan dan pembaruan firmware perangkat besutan Microsoft, seperti Surface Headphone.

Baca Juga:
Dijegal Trump, Microsoft Pastikan Akuisisi TikTok Terus Berjalan

Dukungan untuk Cortana pihak ketiga akan ditinggalkan pada 7 September mendatang. Meski begitu, pengguna Cortana di Amerika Serikat masih memiliki harapan untuk memanfaatkan asisten virtual ini pada ponsel mereka. Pasalnya, penutupan akses Cortana di ponsel hanya berlaku untuk wilayah Britania Raya, Kanada, dan Australia.

Microsoft awalnya meluncurkan Cortana untuk iOS dan Android pada bulan Desember 2015, dan pada awalnya dirancang untuk menghubungkan PC Windows 10 dan ponsel.

Dengan waktu yang realtif singkat, Cortana kalah saing dengan asisten digital lainnya seperti Amazon Alexa & Google Assistant.

Latest News

Apple Segera Kenalkan MacBook Tanpa Prosesor Intel

Technologue.id, Jakarta - Setelah beberapa tahun desas desus 'perceraian' antara Apple dan Intel mencuat, akhirnya Apple sudah percaya diri untuk melepaskan diri...

Nokia C3 Resmi Hadir di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Pemilik lisensi merek Nokia, HMD Global resmi memboyong perangkat terbarunya ke Indonesia. Adalah Nokia C3, ponsel ini meluncur secara...

Rayakan Ulang Tahun Kelima, JOOX Bikin Konser Tribute untuk Chrisye, Glenn Fredly, dan Didi Kempot

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi streaming music digital, JOOX, baru saja rayakan ulang tahun kelima mereka. Ada banyak event seru dan menarik yang...

Telkom Buka Program Indigo Batch 2, Siap Guyur Investasi Rp 2 M

Technologue.id, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) membuka kembali program inkubasi/akselerasi startup digital bernama Indigo Creative Nation kendati Indonesia dan negara lain...

Heboh, Video Perwira Dihajar Anak Buah Karena Nyamar Jadi Mahasiswa

Technologue.id, Jakarta - Video pengeroyokan yang dilakukan petugas pengendali massa kepada seorang yang diduga perwira viral di internet. Hingga berita ini dimuat...

Related Stories