Mirip-mirip, Ini Beda Instagram Reels dan Tiktok

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Belum lama ini Instagram ‘Reels’ telah hadir untuk dinikmati oleh pengguna media sosial di Indonesia. Reels merupakan fitur baru untuk membuat dan berbagi video yang tampak mirip dengan TikTok.

Kehadiran Reels di Instagram diprediksi akan memanaskan rivalitas antara Instagram dan TikTok. Pasalnya, platform berbagi video pendek tersebut sangat populer di kalangan generasi muda di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Walaupun tampak serupa, namun Reels dan TikTok tidaklah sama. Lalu, apa sih bedanya? Simak daftarnya, seperti dilansir dari later.com.

Baca Juga:
Reels, Fitur Baru Instagram Mirip TikTok

Tampilan

Tampilan antara TikTok dan Instagram Reels sangat berbeda. Meski sama-sama memiliki empat tab, namun susunan tab dari kedua layanan ini berbeda.

Keempat tab di Instagram Reels terdiri dari Home, Search, Shop, dan Profil. Sementara TikTok memiliki empat tab yang mencakup Home, Search, Inbox, dan Profil.

Saat pertama kali membuka Instagram Reels, pengguna akan langsung disuguhkan dengan berbagai konten video pendek yang diunggah di tab khusus. Sedangkan TikTok, langsung memunculkan preview video di halaman FYP. Ada dua menu di FYP yang bisa dipilih oleh pengguna TikTok, yaitu “For You” dan “Following”.

Instagram Reels juga didominasi dengan warna terang (White), sementara TikTok dibalut dengan nuansa gelap (Black).

Batas waktu video

TikTok memperpanjang panjang maksimum videonya menjadi 60 detik pada awal 2020. Ini juga berbeda denga Reels yang durasinya dibatasi hingga 30 detik saja.

Baca Juga:
Instagram Tawarkan Uang Insentif agar Pengguna Betah di Reels

Fitur dan Tool video editing

Meskipun antarmuka pengeditan Reels dan TikTok mungkin terlihat serupa, namun keduanya sangat berbeda satu sama lain.

Di TikTok, filter sangat populer — pengguna dapat memilih dari sejumlah efek, template, dan filter.

Sementara di Instagram, efek video lebih terbatas — pengguna hanya dapat memilih efek dari Effects library Instagram sebelum mereka merekam setiap klip video.

Identitas

Hal yang paling mudah untuk dibedakan dari Reels dan TikTok adalah identitas. Pasalnya, kedua aplikasi itu dibuat oleh dua perusahaan yang berbeda dengan wilayah geografis yang tak sama pula. Jika TikTok adalah aplikasi buatan China, Reels justru dibuat di Amerika Serikat.

So, Anda lebih pilih Instagram Reels atau TikTok?

- Advertisement -

Latest News

Aplikasi Sampingan Catat Kenaikan Jumlah Mitra Lebih Dari Tiga Kali Lipat

Technologue.id, Jakarta - Di tengah gelombang pandemi COVID-19, platform solusi manajemen tenaga kerja, Sampingan makin diminati oleh masyarakat sebagai destinasi mencari lowongan...

Indosat Ooredoo Gagas Kompetisi Bikin E-wallet Inovatif

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo meluncurkan program e-Wallet User Research Challenge 2021. Acara ini merupakan program open innovation berbentuk...

Konami Bakal Rilis Game eFootball

Technologue.id, Jakarta - Konami Digital Entertainment BV, pembuat game sepakbola PES dan Winning Eleven, umumkan bahwa mereka bakal rilis game sepakbola terbarunya...

6 Tips untuk Membuat Akun Twitter Lebih Aman

Technologue.id, Jakarta - Menjaga privasi dan keamanan di dunia maya, khususnya media sosial, mutlak dilakukan. Pengalaman menggunakan Twitter akan lebih nyaman jika...

Tablet Pertama HarmonyOS 2 Tiba Awal Agustus di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Huawei mengumumkan akan merilis Huawei MatePad 11 untuk para konsumen Indonesia di awal Agustus 2021. Ini akan menjadi salah...

Related Stories