Technologue.id, Jakarta – Penundaan produksi iPhone terbaru akibat merebaknya virus corona di China rupanya tidak menghentikan rencana besar Apple di pertengahan tahun ini. Apple dikabarkan tetap akan meluncurkan iPhone 12 yang rencananya akan dirilis pada 12 September mendatang.

Dari laporan Digitimes sebagaimana dilansir dari 9to5mac, kemungkinan besar peluncuran iPhone 12 tetap sesuai jadwal sebelumnya karena permintaan chip A14 untuk 5G sangat tinggi.

Diakui, dampak virus corona memang akan menyebabkan gangguan pada jadwal standar pembuatan iPhone generasi berikutnya.

Baca Juga:
Corona Belum Mereda, Apple Kembali Buka Toko Ritel di Beijing

Akan tetapi bukan berarti Apple perlu menunda peluncuran seri iPhone 12 seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya, yakni pada 12 September 2020. Indikator ini bisa dilihat dari permintaan untuk chip A14 yang tinggi dengan pesanan lebih dari 50%, lebih tinggi dari periode pemesanan chip A13.

Menurut Digitmies, hal ini adalah hasil dari langkah agresif Apple dalam meluncurkan 5G di ponselnya. Meski ada spekulasi produksi massal harus ditekan seiring Apple telah berhenti mengirim insinyur utama iPhone ke China, yang artinya prototipe uji validasi teknik dari iPhone 12 terhenti, tapi Apple menyiapkan perangkat keras dengan melewati tahapan, yakni validasi teknik, validasi desain, kemudian validasi produksi, yang siap diproduksi massal pada akhir Juni/Juli 2020.

Disebutkan, tindakan pencegahan virus corona ini mengakibatkan produksi massal ditekan kembali, namun bukan berarti Apple tidak akan mengumumkan ponsel iPhone 12 pada Setember nanti. Karena kemungkinan memang akan ada persediaan yang terbatas, atau mendorong kembali ketersediaan beberapa model sebelumnya.

Baca Juga:
Apple Bakal Membuat Antena 5G Sendiri untuk iPhone Tahun ini

Bedasarkan laporan Ming-Chi Kuo pada akhir tahun lalu, Apple akan mengeluarkan 4 model iPhone 5G di musim gugur. Akan ada iPhone OLED 5,4 inci, iPhone OLED 6,1 inci dengan dua kamera belakang, iPhone OLED 6,1 inci lainnya dengan tiga kamera belakang dan sensor 3D time-of-flight, serta iPhone OLED 6,7 inci dengan sistem 3 kamera dan sensor time-of-flight yang kemungkinan ada paka iPhone 12 Max.