Technologue.id, Jakarta – Ternyata, selain memburu produk-produk fashion, makanan, hingga gadget di mall maupun e-commerce, produk lain yang turut kecipratan duit banyak saat perayaan Natal adalah aplikasi dan game.

Ya, Sensor Tower mencatat bahwa warganet secara global telah menghabiskan sebanyak Rp2,65 triliun pada momen Natal 2017 untuk melakukan in-app purchasing, berlangganan, dan membeli aplikasi premium. Akumulasi yang didapat dari Apple App Store maupun Google Play Store (kecuali revenue Android di China) itu naik 12,3 persen dari hari yang sama di tahun 2016, yang saat itu “hanya” sebanyak Rp2,35 triliun.

Baca juga:

Tak Diduga, Game Baru Nintendo Ini Kalahkan Franchise Fire Emblem!

Lebih lanjut dipaparkan dalam blog resminya (28/12/2017), Sensor Tower menyatakan bahwa ada peningkatan 5,2 persen dari netizen dari seluruh dunia untuk kebutuhan mobile gaming. Sementara aplikasi non-game peningkatannya lumayan signifikan daripada setahun sebelumnya, yaitu 66 persen.

Netizen Global Rayakan Natal dengan Belanja Game dan Aplikasi
Akumulasi revenue yang Google Play Store dan Apple App Store selama momen Natal 2017 (source: Sensor Tower)

Baca juga:

Ini Game-game PC yang Layak Ditunggu di 2018

Dari sekitar Rp513,5 miliar uang yang mengalir ke aplikasi non-game, analis pasar aplikasi itu mengestimasikan cukup banyak porsi uang yang masuk ke aplikasi streaming semacam Netflix dan HBO Now saat Natal 2017. Jumlahnya sendiri sekitar Rp128 miliaran. Bisa disimpulkan bahwa ternyata banyak di antara pengguna gadget yang ingin menikmati perayaan Natal dengan menonton film atau video, barangkali sambil bercengkrama dengan keluarga.

Baca juga:

Ini Deretan Game Android Terbaik dan Terpopuler 2017, Sudah Coba?

Sebagai gambaran, Apple sebelum 2017 berakhir telah mengeluarkan daftar aplikasi terpopulernya. Selain medsos dengan basis pengguna besar seperti Facebook, Messenger, Instagram, dan Snapchat, bertengger nama-nama seperti Bitmoji, Uber, Amazon, dan Waze. Sementara untuk game, di antaranya ada Super Mario Run, Subway Surfers, Piano Tiles 2, dan Clash Royale.

Senada dengan App Store, Google juga merilis versinya sendiri. Gelar aplikasi terbaik 2017 mereka tahbiskan untuk PicsArt Animator. Sedangkan CATS: Crash Arena Turbo Stars terpilih sebagai Best Game of 2017 di Play Store.