Technologue.id, Jakarta – Persaingan pasar kamera mirrorless full-frame kian sengit, setelah Nikon resmi menghadirkan kamera mirrorless full-frame pertama di Indonesia. Ada dua model kamera mirrorless berformat Nikon FX full-frame yang disodorkan bagi pecinta fotografi dari Z-series, yaitu Z7 dan Z6.

Kamera mirrorless baru Nikon ini memiliki mounting lensa berukuran besar. Sukimin Thio, General Manager Nikon Indonesia, menjelaskan bahwa ini pertama kali perusahaan memperkenalkan diameter mounting berukuran mencapai 55mm.

“Dengan ini, Nikon memproduksi bukaan lensa besar hingga f/0.95. Karena mounting yang pernah ada sebelumnya tidak maksimal, sehingga menghasilkan gambar tidak tajam,” kata Sukimin, saat mengumumkan kehadiran Nikon Z-series, di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Baca juga:

GoPro Hadirkan Tiga Warna Hero 7, Warna Hitam Paling Beda!

Nikon FX Z6 (Choiru Rizkia / Technologue.id)
- Advertisement -

Kamera Z7 memiliki sensor 45.7 MP full-frame dan 493-point AF. Menurut Sukimin, target customer yang ingin dicapai dengan kamera ini adalah kalangan profesional photographers dan pemilik Nikon F-mount.

“Kami juga menyediakan mount adapter FTZ dari istilah F-to-Z yang kompatibel dengan kamera-kamera Nikon SLR untuk memaksimalkan lensa-lensa NIKKOR F melalui Z mount,” ujarnya.

Baca juga:

Canon Manjakan Fotografer Pro dengan Kamera Mirrorless Full-frame

Nikon FX Z6 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Sementara itu, kamera Z6 memiliki 24.5MP dan 12 fps. Dengan spesifikasi lebih rendah, kamera ini menyasar photo hobbies yang ingin melakukan upgrade kamera non-full-frame ke full-frame, atau juga vlogger dan Youtuber.

Z series dibuat ergonomis, sehingga terasa ringkas dan mempunyai handy-grip yang pas digenggam. Selain itu, kamera ini menjadi tipe pertama yang dibekali fitur image stabillizer.

Bersamaan dengan acara ini, ada tiga jenis lensa yang diluncurkan di antaranya standard zoom NIKKOR Z 24-70mm f/4s, wide-angle prime NIKKOR Z 35mm f/1.8s, dan standard prime NIKKOR Z 50mm f/1.8.

Baca juga:

Kamera Smartphone Belum Bisa Gusur Pasar Mirrorless

Ketiganya juga mengadopsi desain diameter Z mount yang lebih lebar, dengan ukuran bagian dalam 55mm dan jarak flange focal sependek 16mm. Dengan begitu, menawarkan resolusi tajam dengan kinerja mumpuni.

Bicara harga, Nikon membanderol kamera mirrorless full-frame Z7 mulai dari Rp56,5 juta (body-only), Rp63,5 juta (kamera + lensa kit), dan Rp66,5 juta (paket lengkap + mount adapter).

Sedangkan bagi penjualan kamera Z6, pilihan harga mulai dari Rp35,5 juta (body-only), Rp42,5 juta (kamera + lensa kit), dan Rp45,5 juta (paket lengkap + mount adapter).