Technologue.id, Jakarta – Kamera mirrorless sudah hadir sejak lebih dari satu dekade silam. Fiturnya yang mirip kamera DSLR namun hadir dengan wujud yang lebih ringan dan kecil membuat kamera ini banyak diminati. Keunggulan mirrorless ini diklaim belum akan tergantikan, bahkan oleh kemampuan kamera smartphone paling bagus sekalipun.

Baca juga:

Salurkan Hobi Fotografi Anda via DOSS Superstore Terbesar se-Indonesia

Tahir Matulatan, Direktur Utama PT Global Sukses Digital, menjelaskan bahwa permintaan pasar kamera mirrorless terus meningkat. Sebab itu, ketersediaan lensa mirrorless sangat mendominasi gerai perusahaan yang baru dibuka, DOSS Superstore, di Cideng, Jakarta Pusat.

“Perkembangan mirrorless sangat tinggi. Ketersediaan lensa mirrorless mencapai 95 persen dibandingkan kamera DSLR di sini,” ujarnya pada redaksi (08/08/2018).

- Advertisement -

Baca juga:

Hampir Setahun Masuk Indonesia, Lariskah Kamera Rp28,5 Jutaan Canon?

Ia menerangkan, meski kualitas kamera smartphone saat ini sudah jauh mumpuni, namun tidak akan bisa menggeser popularitas mirrorless. Sebaliknya, ia berpendapat kamera compact tak lagi diminati lantaran kini sudah bertebaran smartphone dengan fitur kamera yang canggih.

“Ada kenaikan penggunaan mirrorless menurut data yang kami pegang. Mirrorless belum tergantikan oleh smartphone. Namun secara kuantitas, kamera smartphone sudah menggantikan kamera pocket,” ungkap Tahir.

Baca juga:

Penjajakan dengan Huawei P20 Pro, Apa Guna Kamera Tripelnya?

Sejauh ini mirrorless mayoritas digunakan oleh pehobi fotografi. Bagi mereka, melakukan pengaturan kamera secara manual bisa memberikan kepuasan tersendiri.