Technologue.id, Jakarta – Oppo kembali merilis smartphone terbarunya untuk segmen entry-level. Vendor ponsel asal Tiongkok ini meluncurkan A5s yang diklaim irit daya.

Dari segi prosesor, Oppo A5s disokong oleh prosesor delapan inti Helio P35 2,3 GHz. Chipset ini menggunakan fabrikasi 12nm yang memiliki performa maksimal dalam manajemen daya.

Baca Juga:
Oppo Percanggih Kamera Ganda Seri A3S dengan AI Beauty

Untuk baterai, A5s ditenagai dengan kapasitas baterai sebesar 4230 mAh yang dikawinkan dengan algoritma kecerdasan pintar, sehingga bisa menghemat konsumsi daya.

- Advertisement -

Kombinasi ini membuat ponsel harga terjangkau ini digunakan lebih lama untuk berselancar di dunia maya dan bermain game. Ditambah pengisian cepat 5V/2A untuk waktu tunggu 2,5 sampai 3 jam.

“Kapasitas baterainya besar, 4.230 mAh, yang membuat daya tahan hingga 17 jam dalam pemakaian normal,” kata Aryo Meidianto, Public Relations Manager Oppo Indonesia, saat peluncurannya, di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Oppo A5s warna merah (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Soal spesifikasi secara keseluruhan, tak banyak peningkatan yang dibawa A5s dibandingkan pendahulunya, A3s. Oppo A5s masih tetap mempertahankan layar LCD berukuran 6,2 inchi, RAM 2 GB, dua kamera belakang, dan kamera depan 8 MP.

Namun dari segi layar, Oppo A5s mengemas sudut pandang lebih luas berkat keberadaan layar waterdrop.

“Kalo Oppo A3s memiliki screen-to-body-ratio 81,2 persen karena menggunakan notch. Sedangkan A5s ini sekarang menggunakan waterdrop screen dengan rasio 89,35 persen,” lanjut Aryo.

Oppo A5s warna hitam (Choiru Rizkia / Technologue.id

Selain itu, A5s merupakan seri A kedua yang memasang dual kamera di bagian belakang, setelah A3s.

Kamera yang terpasang bersensor 13 MP + 2 MP. Sedangkan kamera depan bersensor 8 MP. Oppo membawa AI Beauty Recognition Technology pada kamera depan.

Baca Juga:
Oppo Buka Gerai Modern Berkonsep 3.0, Apa yang Beda?

A5s dilengkapi segudang fitur yang mendukung hobi gaming pengguna seperti optimalisasi jaringan, perlindungan jaringan, mode perangkat, game engine dioptimalisasi, mode bebas gangguan, nonaktifkan sim card kedua, penguncian kecerahan layar, jawab panggilan telepon mudah, smart game bar, dan membalas pesan saat bermain game.

Dengan beragam fitur pendukung game ini, Aryo menjelaskan, tidak butuh lagi hardware tinggi untuk melampiaskan hobi gaming.

A5s dilengkapi dengan ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Untuk keamanan, ada juga fingerprint dan face unlock.

Oppo A5s akan tersedia mulai tanggal 27 Maret 2019 di seluruh jaringan penjualan Oppo baik secara online maupun offline dengan harga Rp 1,999 juta.