Technologue.id, Jakarta – Masih segar di ingatan, aksi curang Huawei untuk meningkatkan hasil pengukuran benchmark sejumlah seri ponselnya, termasuk P20 dan P20 Pro. Aksi tipu-tipu ini kembali ramai setelah Oppo ketahuan mengeluarkan “jurus” serupa untuk mengelabui skor benchmark di aplikasi benchmarking, 3DMark.

Dilansir dari TheVerge.com (19/10/2018), Oppo diduga telah mengotak-atik sistem pada dua perangkatnya, termasuk si flagship Find X.

Baca juga:

Huawei Kepergok Curangi Tes Benchmark

Ponsel Oppo diprogram untuk memaksimalkan kinerja ketika menjalankan 3DMark versi publik yang tersedia di Google Play Store. Saat pengujian, Oppo Find X mampu mengalokasikan sumber daya sistem sehingga skor yang keluar bisa lebih tinggi.

Namun, aksi ini terbongkar ketika UL Benchmark, pembesut aplikasi 3DMark, menguji kembali smartphone tersebut menggunakan aplikasi versi internal, yang namanya tak dikenali oleh ponsel Oppo.

Ketika benchmark itu dilakukan, performa ponsel Oppo tersebut ternyata jauh lebih buruk. Find X dan F7 mencetak skor hingga 41 persen lebih tinggi pada aplikasi yang tersedia secara publik daripada aplikasi private.

Baca juga:

Melihat dari Dekat Sosok Oppo F9 yang Notch-nya Meramping

Pihak Oppo pun mengakui telah melakukan aksi curang tersebut. Menurut perusahaan asal China itu, mekanisme ini dilakukan untuk memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan perangkat secara maksimal.

Ada teknologi cerdas yang dapat memprediksi dan menyesuaikan kebutuhan tugas serta memberikan performa terbaik, termasuk saat menggunakan aplikasi benchmarking.

Baca juga:

Meluncur ke Indonesia, Segini Harga Oppo Find X

“Ketika kami mendeteksi bahwa pengguna menjalankan aplikasi seperti game atau Benchmark 3D yang memerlukan kinerja tinggi, kami memungkinkan SoC untuk berjalan dengan kecepatan penuh untuk pengalaman yang paling lancar,” ujarnya.

Dengan adanya pemberitaan ini, UL Benchmark langsung menghapus ranking Oppo Find X dan F7 dari papan peringkat benchmark-nya. Nasib yang sama seperti dialami oleh Huawei. Ini adalah pukulan telak bagi Find X, yang sebelumnya menduduki peringkat keempat untuk tes performa Sling Shot Extreme 3DMark.