Technologue.id, Jakarta – Salah satu nilai jual smartphone premium Oppo R17 Pro adalah kamera. Ponsel baru di awal tahun ini mengemas tiga lensa kamera (triple-cam) di bagian belakang. Namun dari ketiga itu, hanya dua kamera saja yang bisa digunakan. Ada satu kamera yang di nonaktifkan. Mengapa demikian?

Kamera ketiga di Oppo R17 Pro mengusung sensor Time of Light (TOF) 3D Stereo. Teknologi ini punya keunggulan dalam penginderaan kedalaman tiga dimensi yang presisi. Tidak hanya memungkinkan pengguna mengambil foto 3D, membuat pengguna dapat mengubah TV menjadi konsol game.

Baca Juga:
Setelah Find X, Oppo Jajal Kembali Segmen Premium Melalui R17 Pro

Dikatakan Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, lensa TOF 3D Stereo ini belum bisa diaktifkan mengingat adopsi teknologi ini belum siap diserap oleh pengguna.

“Untuk TOF, sementara belum kami aktifkan. Karena saya merasa ini adalah satu teknologi yang terlalu jauh. Kami masih membuat teknologi itu jadi lebih sempurna,” kata Aryo saat acara peluncuran Oppo R17 Pro, Kamis (3/1/2019).

- Advertisement -

Ia menekankan, fitur foto 3D butuh banyak pengembangan sebelum perusahaan siap merilis fitur itu ke publik. Oppo harus memastikan tidak ada bug atau cacat software ketika digunakan.

Selain ada di Oppo R17 Pro, ke depannya fitur ini akan diberikan bagi pengguna smartphone Oppo lain melalui pembaruan software. Kapan rilisnya bergantung pada developer yang mengembangkan fitur tersebut.

Sampai menunggu TOF 3D Stereo aktif, sementara ini fungsinya hanya untuk membantu melihat cahaya sekitar saat berfoto.

Baca Juga:
Tes Kamera Oppo R17 Pro dalam Mode Malam, Ini Hasilnya

Konsep foto tiga dimensi ini bukan pertama kali dibawa oleh Oppo. Sebelumnya, perusahaan mengenalkan teknologi 3D Structured Light pada Find X yang membuat selfie makin ciamik.

Dengan sistem pendeteksi cahaya 3D, Oppo Find X mampu memperoleh informasi wajah presisi tinggi untuk membuat model 3D yang tepat.

Dipadukan dengan teknologi AI, wajah pengguna akan dianalisis guna diberikan saran profesional. Ada empat opsi pengaturan beautification yang bisa disesuaikan. Setelah pengaturan beauty 3D dikonfigurasikan, pengguna dapat melihat pengaturan kecantikan secara real-time.