Orang Indonesia Tak Antusias dengan iPhone 8 dan iPhone X, Kemahalan?

Orang Indonesia Tak Tertarik dengan iPhone 8 dan iPhone X, Kemahalan?
iPhone X (source: Apple)

Technologue.id, Jakarta – September 2017 telah berlalu, Apple pun memenuhi ekspektasi masyarakat dengan melahirkan smartphone anyarnya, yakni iPhone 8 dan 8 Plus serta iPhone X yang secara spesial menandai ulang tahun iPhone ke-10. Setelah memantik antusiasme publik global, selanjutnya cukup menarik untuk membahas bagaimana antusiasme masyarakat Tanah Air dengan iPhone 8 dan iPhone X.

Kebetulan, iPrice telah melakukan riset soal ini dengan cara mengukur perilaku netizen Indonesia di pencarian Google dan membandingkan ketertarikan masyarakat di sini terhadap beberapa model iPhone. Hasilnya cukup mengejutkan: animo iPhone 8 dan X ternyata hanya tinggi di saat momen peluncurannya.

Baca juga:

Face ID iPhone X Tak Berfungsi? Begini Kata Apple

Dalam data yang disajikan shopping agregator asal Malaysia itu pada redaksi, di hari peluncuran iPhone 8 dan X pada 13-14 September 2017, keyword “harga iPhone 8” dan “harga iPhone X” memang sangat tinggi. Bahkan jauh mengungguli kata kunci model lawas lain seperti “harga iPhone 6” dan “harga iPhone 7” yang lima hari sebelum peluncuran begitu populer.

Namun, mulai 15 September 2017, keadaan kembali “normal”. Netizen Indonesia lebih memilih untuk mencari tahu harga iPhone model lama daripada iPhone 8 dan X. Praktis, keyword “harga iPhone 8” dan “harga iPhone X” turun drastis.

Baca juga:

Akankah iPhone X Laku Keras di Pasaran?

Orang Indonesia Tak Tertarik dengan iPhone 8 dan iPhone X, Kemahalan?
Hasil analisis iPrice terhadap perilaku netizen Indonesia di Google Search terkait iPhone 8 dan X (source: iPrice)

Bisa jadi, hal ini ditengarai karena banderol tinggi yang disematkan oleh Apple. Tengok saja, iPhone 8 dijual mulai Rp9 jutaan, sementara iPhone 8 Plus sekitar Rp10,5 juta dan iPhone X Rp13 jutaan. Dengan harga setinggi itu, tak salah kalau ada calon pembeli yang lebih memilih untuk mengalokasikan dananya ke hal lain seperti DP mobil baru, membeli Mac Book Pro seharga 15 jutaan, atau untuk modal bisnis.

Baca juga:

Kapan iPhone 8 dan iPhone X Masuk Indonesia?

Di sisi lain, populernya kata kunci pencarian iPhone 6 dan 7 ini juga bisa menandakan bahwa masyarakat Indonesia tengah mencoba menjadi konsumen yang bijak. Sebagian dari warganet barangkali berekspektasi kalau harga iPhone 6 dan 7 akan turun dengan lahirnya iPhone 8 dan X. Walaupun belum bisa membeli iPhone versi teranyar, setidaknya calon konsumen jadi bisa mendapatkan gawai keren Apple lain dengan harga yang lebih cocok di kocek.