Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pakai Smartphone Jadi lebih Simple dengan Deretan Swipe Gesture yang Wajib Kamu Coba di Galaxy S23 Series 5G
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Bertepatan dengan peluncuran Galaxy S23 Series 5G, Samsung turut memperkenalkan sistem antarmuka terbarunya, yakni One UI 5.1. One UI 5.1 merupakan sistem antarmuka terbaru dari Samsung yang menggunakan basis sistem operasi Android 13.

Update software One UI terbaru ini diciptakan dengan berbagai macam fitur kustomisasi, keamanan, dan aksesibilitas baru yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan personalisasi hingga menuangkan kreativitasnya.

Melalui One UI 5.1, Samsung berupaya untuk menghadirkan pengalaman mobile terbarukan kepada pengguna dengan memberikan kontrol yang lebih besar atas smartphone mereka.

Salah satunya Swipe Gesture yang bisa menggantikan tiga tombol navigasi klasik di bawah layar yaitu untuk Home, satu untuk 'Back, dan satu untuk Recent Apps.

Baca Juga:
Trik Makin Produktif Bareng Galaxy S23 Ultra 5G

Untuk mengaktifkan Swipe Gesture, masuk ke menu 'Settings' dan kemudian menuju ke bagian 'Display'. Dari sini, gulir ke bawah hingga menemukan subsection 'Navigation Bar'.

Setelah dipilih, tombol navigasi akan menghilang dari bagian bawah layar. Sebagai gantinya Anda bisa memanfaatkan Swipe Gesture mulai dari menggeser ke atas untuk Home, menggeser dan menahan untuk Recent Apps, dan menggeser dari samping untuk kembali ke halaman sebelumnya atau Back.

One UI 5.1 pada Galaxy S23 Series 5G juga memungkinkan Anda untuk multitasking dengan lebih praktis dan mudah hanya dengan sentuhan jari. Kemampuan ini ditawarkan melalui Samsung Labs.

Bagi Anda yang harus mengerjakan beberapa hal di waktu yang bersamaan, Galaxy S23 Series 5G memiliki fitur Labs untuk pengalaman multitasking yang lebih seamless. Dengan Labs, Anda bisa memaksimalkan kemampuan multi window untuk semua aplikasi hingga mendapatkan tampilan full screen saat menggunakan fungsi split screen.

Baca Juga:
Bikin Feed Makin Kece, Ini Trik Edit Konten yang Wajib Coba di Galaxy S23 Series 5G

Anda bisa dengan mudah menggunakan fitur Labs dengan cara berikut ini:

  • Buka Settings
  • Pilih Advanced Features
  • Pilih Labs
  • Aktifkan toggle “Multi window for all apps” untuk membuat semua aplikasi bisa digunakan dalam mode pop-up screen dan split screen
  • Aktifkan toggle “Full screen in Split screen view” untuk membuat area tampilan aplikasi jadi lebih luas saat menggunakan fungsi split screen dengan menghilangkan bar status dan navigasi.

Contohnya adalah adanya gesture khusus untuk memakai fitur Multi Windows hanya dengan satu kali swipe.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa membuka Settings, pilih Advanced Features, lalu pilih Labs dan aktifkan toggle Swipe for pop-up view dan Swipe for split screen.

Saat diaktifkan, opsi "Swipe for pop-up view" memungkinkan pengguna perangkat Galaxy S23 Series 5G untuk beralih ke tampilan pop-up dari aplikasi layar penuh dengan menggeser secara diagonal dari sudut kanan atas layar.

Sementara itu, opsi baru "Swipe for split screen" memungkinkan Anda untuk menggeser ke atas dari bawah layar menggunakan dua jari untuk mengaktifkan tampilan layar terbagi/multi-windows dengan cepat.

Tampilan ini berguna saat Anda perlu mendapatkan informasi dari satu aplikasi untuk dimasukkan ke aplikasi lainnya. Seperti saat sedang menginput nomor kartu kredit atau nomor rekening bank ke form lain. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melihat informasi penting di samping aplikasi yang berbeda.

Pop-up view

Baca Juga:
Useful Banget! 5 Trik Ini Tunjukkan Kalau S Pen di Galaxy S23 Ultra 5G Lebih Dari Alat Tulis dan Gambar

Lebih lanjut, menjalankan perintah screenshot makin mudah dengan smartphone Galaxy S23 Series 5G. Selain memanfaatkan kombinasi tombol fisik antara Power dan Volume Bawah, Samsung juga menawarkan opsi lain untuk mengambil screenshot seperti Palm Swipe, Assistant Menu, dan S Pen.

Pada beberapa smartphone Samsung masa kini, fitur Palm swipe to capture sudah aktif secara otomatis. Namun jika Anda tidak bisa menggunakan fitur ini, maka dapat diaktifkan terlebih dulu dengan cara Settings > Advanced features > Motions and Gestures > Palm swipe to capture.

Setelah fitur aktif, cari area yang akan di-screenshot. Kemudian, sapu layar dari kanan ke kiri atau sebaliknya dengan telapak tangan yang diarahkan. Apabila layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka screenshot berhasil dilakukan.

SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat