Technologue.id, Jakarta – Produsen kamera Canon di pasar perangkat fotografi tentu sudah tak asing lagi di telinga. Namun unit bisnis Canon tidak hanya di bidang fotografi semata, perusahaan juga memproduksi perangkat teknis lainnya.

Hideki Ozawa, President of Canon Asia Marketing Group (CAMG), menegaskan bahwa perusahaan sangat berorientasi pada hal-hal teknis. Tidak fokus pada kamera dan lensa saja, namun juga perangkat lain seperti printer, mesin fotokopi, produk alat medis, hingga kamera keamanan/surveillance (CCTV).

“Canon ekspansi produk-produk untuk kebutuhan industri. Canon mengakusisi medical company asal Belanda untuk mengembangkan alat image medis. Lalu kami juga masuk ke pasar security camera di Swedia,” katanya, saat mengumumkan kampanye ‘Lebih Dekat Dengan Asian Games 2018’ di Jakarta, Senin (20/08/2018).

Baca juga:

Ragam Produk Canon Bisa Dinikmati selama Asian Games 2018

Ekspansi produk Canon turut ditopang oleh riset dan penelitian (R&D) yang andal. Perusahaan menyisihkan 8 persen dari pendapatan untuk kepentingan R&D. Dengan konsistensi itu, Canon menjadi perusahaan tiga besar dalam hal registrasi paten.

Bicara pangsa pasar keseluruhan, kawasan Asia dan Oceania menduduki peringkat kedua dengan kontribusi sebesar 26 persen. Peringkat pertama ditempati Amerika Serikat (27 persen), lalu diikuti Eropa (25,2 persen), dan Jepang (21,7 persen).

“Dulu pasar Asia kontribusinya kecil namun sekarang dengan perkembangan yang ada mencapai 26 persen dari total global net sales,” tuturnya.

Baca juga:

Canon Dukung Penyelenggaraan Asian Games dengan Layanan Eksklusif

Hideki menyebut pasar Asia akan terus bertumbuh, karena itu Canon menargetkan pendapatan menembus US$10 miliar khusus kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Di ajang Asian Games ini, Canon turut berpartisipasi menjadi mitra resmi untuk pengadaan peralatan fotografi dan mesin printer. Pihaknya menargetkan pertumbuhan angka penjualan produk selama penyelenggaraan ajang olahraga terbesar bangsa-bangsa Asia yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Namun sayangnya, tidak ada angka detail mengenai target penjualan.

Baca juga:

Canon EOS 1500D dan 3000D Sasar Fotografer Pemula, Apa Bedanya?

“Angka pastinya tidak ada, tetapi tentunya sebanyak mungkin. Canon menjadi mitra Asian Games bukan selama Asian Games saja, tetapi untuk jangka panjang. Kami memanfaatkan Asian Games untuk mengajak masyarakat yang bukan pengguna atau belum pernah memakai Canon untuk mencoba atau melihat produk-produk Canon,” kata Noriko Gunji, Presiden dan CEO Canon Singapore.