Technologue.id, Jakarta – Pasca gempa bumi 7,4 SR dan disusul dengan tsunami yang melanda kawasan Sulawesi Tengah, berbagai bangunan serta fasilitas publik di sejumlah kota utama, termasuk layanan telekomunikasi dan data, rusak serta lumpuh.

Baca juga:

Telkomsel: Pemulihan Jaringan di Sulteng Kami Percepat

Meski demikian, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan bahwa masyarakat yang menggunakan nomor XL Axiata tetap bisa berkomunikasi ke luar wilayah, terutama layanan voice dan SMS. Tim teknis XL Axiata langsung meluncur ke lokasi-lokasi infrastruktur jaringan untuk memastikan jaringan tetap bisa dipertahankan operasionalnya.

“Syukur Alhamdulillah, hingga saat ini layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi, termasuk di Kota Palu dan Donggala yang paling kuat mendapatkan guncangan. Dengan demikian, maka masyarakat yang menggunakan nomor XL dan AXIS tetap bisa berkomunikasi atau dihubungi selama ponsel aktif,” tutur Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, pada redaksi.

- Advertisement -

Baca juga:

Sambut Era Industri 4.0, XL Axiata Kenalkan Solusi Bisnis Berbasis IoT

Di Palu, XL Axiata total memiliki sekitar 136 BTS, termasuk 44 BTS 4G. Di Donggala ada 12 BTS, termasuk 9 BTS 4G. Di seluruh Sulawesi Tengah tersedia 358 BTS, termasuk 79 BTS 4G. Sementara itu, jumlah pelanggan di Sulawesi Tengah sebanyak lebih dari 340 ribu pelanggan.

Lebih lanjut Yessie juga menjanjikan bahwa XL Axiata akan segera menyediakan fasilitas telepon gratis. Layanan ini dihadirkan guna mempermudah kelancaran komunikasi dari wilayah terdampak bencana ke luar wilayah bencana.

Baca juga:

XL Luncurkan Xtream Ultima, Gratis YouTube Setahun Plus Roaming Internasional

Selain penanganan jaringan, XL Axiata juga telah menyiapkan bantuan yang bersifat darurat untuk warga yang mengungsi. Saat ini, tim di lapangan terus melakukan koordinasi dengan aparat dan masyarakat untuk mengetahui kebutuhan dan lokasi pengirimannya.